Meningkatkan Media Gambar Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada "Y a Vat Transportasi Di Kelas IV SD Negeri 020264 Binjai

4
(278 votes)

Dalam penelitian ini, penulis tertarik untuk mengeksplorasi penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada topik "Y a Vat Transportasi" di kelas IV SD Negeri 020264 Binjai. Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap temuan bahwa metode pembelajaran yang digunakan saat ini kurang menarik dan tidak efektif, yang berdampak negatif pada hasil belajar siswa. Hasil awal penelitian menunjukkan bahwa guru-guru cenderung menggunakan metode pembelajaran yang kurang menarik dan berpusat pada guru, yang menyebabkan kejenuhan dan kurangnya minat siswa dalam belajar. Dari 35 siswa yang diobservasi, hanya 16 siswa atau sekitar 45% yang berhasil mencapai hasil belajar yang tuntas dan di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sementara itu, 18 siswa lainnya atau 55% siswa mendapatkan nilai yang tidak tuntas atau di bawah nilai KKM. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti sebagai guru kelas IV SD Negeri 020264 Binjai mengusulkan penggunaan model pembelajaran media gambar. Media gambar dapat menjadi alat yang efektif untuk memvisualisasikan konsep dan membangkitkan minat siswa dalam belajar. Dengan menggunakan media gambar, siswa dapat lebih mudah memahami materi tentang "Y a Vat Transportasi" dan mengaitkannya dengan dunia nyata. Penggunaan media gambar juga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan melibatkan siswa secara aktif dalam mencari dan memilih gambar yang relevan, mereka akan merasa lebih terlibat dan memiliki rasa memiliki terhadap pembelajaran. Selain itu, media gambar juga dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dengan memberikan contoh nyata dan visual yang dapat membantu mereka memahami konsep dengan lebih baik. Dalam penelitian ini, peneliti akan melibatkan 35 siswa kelas IV SD Negeri 020264 Binjai dalam menggunakan model pembelajaran media gambar. Hasil belajar siswa akan dievaluasi melalui tes dan perbandingan dengan hasil awal penelitian sebelum penggunaan media gambar. Diharapkan bahwa penggunaan media gambar akan meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna. Dalam kesimpulan, penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS pada topik "Y a Vat Transportasi" di kelas IV SD Negeri 020264 Binjai dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media gambar dapat memvisualisasikan konsep dengan lebih baik, membangkitkan minat siswa, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Diharapkan bahwa penelitian ini dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan metode pembelajaran yang efektif dan menarik.