Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila dalam Konteks Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesi

3
(279 votes)

Pendidikan Pancasila adalah salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter bangsa Indonesia. Dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, terdapat 9 landasan dan tujuan pendidikan Pancasila yang menjadi dasar dalam membangun kesadaran dan kecintaan terhadap nilai-nilai Pancasila. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara singkat mengenai landasan dan tujuan pendidikan Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia. 1. Landasan Pendidikan Pancasila: a. Ketuhanan Yang Maha Esa: Landasan pertama pendidikan Pancasila adalah kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, kepercayaan kepada Tuhan menjadi landasan utama dalam memperkuat semangat perjuangan dan kebersamaan dalam menghadapi tantangan. b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Landasan kedua pendidikan Pancasila adalah penghormatan terhadap martabat dan hak asasi manusia. Dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, penghormatan terhadap martabat manusia menjadi landasan dalam memperjuangkan kemerdekaan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. c. Persatuan Indonesia: Landasan ketiga pendidikan Pancasila adalah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, persatuan menjadi landasan dalam memperkuat solidaritas dan semangat gotong royong dalam menghadapi penjajah. d. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Landasan keempat pendidikan Pancasila adalah pemerintahan yang berdasarkan kebijaksanaan dalam musyawarah dan perwakilan. Dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, landasan ini menjadi dasar dalam membangun sistem pemerintahan yang adil dan demokratis. e. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Landasan kelima pendidikan Pancasila adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, keadilan sosial menjadi landasan dalam memperjuangkan hak-hak sosial dan ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia. 2. Tujuan Pendidikan Pancasila: a. Membentuk karakter yang kuat: Tujuan pertama pendidikan Pancasila adalah membentuk karakter yang kuat dan berintegritas. Dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, pendidikan Pancasila bertujuan untuk membentuk generasi muda yang memiliki semangat patriotisme dan kecintaan terhadap bangsa dan negara. b. Membangun kesadaran berbangsa dan bernegara: Tujuan kedua pendidikan Pancasila adalah membangun kesadaran berbangsa dan bernegara. Dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, pendidikan Pancasila bertujuan untuk mengajarkan nilai-nilai kebangsaan dan mengenalkan sejarah perjuangan bangsa kepada generasi muda. c. Mendorong partisipasi aktif dalam pembangunan: Tujuan ketiga pendidikan Pancasila adalah mendorong partisipasi aktif dalam pembangunan. Dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, pendidikan Pancasila bertujuan untuk mengajarkan nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara. d. Membentuk pemimpin yang berintegritas: Tujuan keempat pendidikan Pancasila adalah membentuk pemimpin yang berintegritas. Dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, pendidikan Pancasila bertujuan untuk menghasilkan pemimpin yang memiliki integritas dan mampu memimpin bangsa dengan bijaksana. e. Membangun hubungan harmonis antarumat beragama: Tujuan kelima pendidikan Pancasila adalah membangun hubungan harmonis antarumat beragama. Dalam konteks