Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan CAH di Sekolah

4
(238 votes)

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan CAH di Sekolah

Penerapan Computer Assisted Instruction (CAH) di sekolah telah menjadi topik yang hangat dalam beberapa tahun terakhir. CAH adalah metode pengajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa. Meskipun banyak sekolah telah menerapkan CAH, masih ada beberapa faktor yang mempengaruhi penerapannya. Artikel ini akan membahas beberapa faktor tersebut.

Infrastruktur Teknologi

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi penerapan CAH di sekolah adalah infrastruktur teknologi. Sekolah yang memiliki infrastruktur teknologi yang baik seperti komputer, proyektor, dan koneksi internet yang stabil akan lebih mudah menerapkan CAH. Namun, sekolah yang tidak memiliki infrastruktur teknologi yang memadai akan menghadapi kesulitan dalam menerapkan CAH.

Keterampilan Guru

Faktor lain yang mempengaruhi penerapan CAH di sekolah adalah keterampilan guru. Guru yang memiliki keterampilan teknologi yang baik akan lebih mudah menerapkan CAH dalam pengajaran mereka. Namun, guru yang tidak memiliki keterampilan teknologi yang baik mungkin akan menghadapi kesulitan dalam menerapkan CAH.

Sikap dan Persepsi Siswa

Sikap dan persepsi siswa juga mempengaruhi penerapan CAH di sekolah. Jika siswa memiliki sikap positif terhadap teknologi dan merasa bahwa CAH dapat membantu mereka belajar lebih efektif, mereka akan lebih menerima penerapan CAH. Namun, jika siswa memiliki sikap negatif terhadap teknologi atau merasa bahwa CAH tidak membantu mereka belajar, mereka mungkin akan menolak penerapan CAH.

Dukungan Administrasi

Dukungan administrasi juga merupakan faktor penting dalam penerapan CAH di sekolah. Administrasi sekolah yang mendukung penerapan CAH dan menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk penerapannya akan memudahkan penerapan CAH. Namun, jika administrasi sekolah tidak mendukung penerapan CAH atau tidak menyediakan sumber daya yang diperlukan, penerapan CAH mungkin akan menghadapi hambatan.

Kebijakan Pendidikan

Kebijakan pendidikan juga mempengaruhi penerapan CAH di sekolah. Kebijakan pendidikan yang mendukung penggunaan teknologi dalam pengajaran dan belajar akan memudahkan penerapan CAH. Namun, kebijakan pendidikan yang tidak mendukung penggunaan teknologi dalam pengajaran dan belajar mungkin akan menghambat penerapan CAH.

Dalam kesimpulannya, ada banyak faktor yang mempengaruhi penerapan CAH di sekolah, termasuk infrastruktur teknologi, keterampilan guru, sikap dan persepsi siswa, dukungan administrasi, dan kebijakan pendidikan. Untuk menerapkan CAH dengan sukses di sekolah, semua faktor ini harus diperhatikan dan ditangani dengan tepat.