Fase Keemasan Ilmu Pengetahuan Islam: Mengapa Eropa Masih Belajar di Pusat Peradaban Islam? **

4
(274 votes)

Fase perkembangan ilmu pengetahuan Islam memiliki beberapa periode penting. Salah satu periode yang menonjol adalah fase kedua, yaitu periode 232-334H/847-945M. Pada fase ini, meskipun perkembangan ilmu pengetahuan mengalami sedikit penurunan, namun pengaruhnya masih sangat terasa. Buktinya, mahasiswa dari Eropa masih tetap berbondong-bondong belajar di pusat-pusat peradaban Islam, baik di Bagdad maupun Andalusia. Mengapa hal ini terjadi? Pertama, fase kedua ini masih merupakan periode keemasan bagi ilmu pengetahuan Islam. Meskipun mengalami penurunan, namun warisan ilmu pengetahuan dari fase sebelumnya masih sangat kuat. Karya-karya para ilmuwan terdahulu seperti Al-Khawarizmi, Al-Razi, dan Ibnu Sina masih menjadi rujukan utama bagi para pelajar. Kedua, pusat-pusat peradaban Islam seperti Bagdad dan Andalusia masih menjadi pusat pembelajaran yang maju. Perpustakaan-perpustakaan besar, universitas-universitas ternama, dan para ilmuwan terkemuka menjadikan kedua kota ini sebagai magnet bagi para pelajar dari seluruh dunia, termasuk Eropa. Ketiga, Eropa pada masa itu masih dalam tahap awal perkembangan ilmu pengetahuan. Mereka belum memiliki pusat pembelajaran yang setara dengan pusat-pusat peradaban Islam. Oleh karena itu, mereka masih sangat bergantung pada ilmu pengetahuan Islam untuk kemajuan mereka. Kesimpulannya, fase kedua perkembangan ilmu pengetahuan Islam, yaitu periode 232-334H/847-945M**, merupakan periode penting bagi sejarah ilmu pengetahuan. Meskipun mengalami penurunan, namun pengaruhnya masih sangat terasa, terbukti dengan masih banyaknya mahasiswa Eropa yang belajar di pusat-pusat peradaban Islam. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan Islam masih menjadi sumber inspirasi dan rujukan bagi dunia pada masa itu.