Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Pendekatan Kuantitatif

4
(168 votes)

Pendahuluan: Pendidikan matematika adalah salah satu aspek penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam beberapa tahun terakhir, model pembelajaran berbasis inkuiri telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran matematika berbasis inkuiri yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode Penelitian: Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Sampel penelitian akan terdiri dari siswa kelas X di sebuah sekolah menengah di daerah perkotaan. Data akan dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri. Selain itu, data juga akan dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara dengan guru matematika yang terlibat dalam penelitian ini. Analisis Data: Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif akan digunakan untuk menggambarkan karakteristik sampel penelitian dan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri. Analisis inferensial akan digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dan menentukan apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri. Hasil dan Diskusi: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan bukti empiris tentang efektivitas model pembelajaran matematika berbasis inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Diskusi akan mencakup implikasi temuan penelitian ini dalam konteks pengembangan kurikulum matematika dan pelatihan guru. Selain itu, diskusi juga akan membahas batasan penelitian ini dan saran untuk penelitian selanjutnya. Kesimpulan: Penelitian ini akan memberikan kontribusi penting dalam pengembangan model pembelajaran matematika berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pengembangan kurikulum matematika yang lebih efektif dan pelatihan guru yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.