Merancang Pembelajaran UBD: Sebuah Perjalanan Menuju Pembelajaran yang Bermakna **
Pendahuluan: Artikel ini akan membahas pengalaman pribadi penulis dalam merancang pembelajaran berbasis UBD (Understanding by Design). Bagian: ① Tantangan dan Peluang: Menjelaskan tantangan awal dalam memahami dan menerapkan UBD, serta peluang yang ditawarkannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. ② Proses Perancangan: Menjelaskan langkah-langkah yang diambil dalam merancang pembelajaran UBD, mulai dari menentukan tujuan pembelajaran hingga memilih strategi penilaian. ③ Dampak dan Refleksi: Menceritakan dampak positif dari penerapan UBD terhadap pembelajaran siswa, serta refleksi pribadi penulis terhadap pengalaman tersebut. Kesimpulan:** Artikel ini menyimpulkan bahwa merancang pembelajaran UBD merupakan proses yang menantang namun bermanfaat, yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu siswa mencapai pemahaman yang lebih dalam.