Kemenparekraf Tetap Optimis Mencapai Target Pariwisata di Tengah Transisi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tetap optimis dalam mencapai target pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) tahun 2024, meskipun dalam masa transisi menuju pembagian dua entitas, yaitu Kementerian Pariwisata (KemenPar) dan Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenkraf). Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menegaskan bahwa masa transisi ini tidak akan menghambat pencapaian target utama yang telah diembankan. Kemenparekraf mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 9,09 juta pada Januari–Agustus 2024, dengan target tahun ini sebanyak 14,3 juta wisman. Untuk mempercepat pergerakan wisman, Kemenparekraf berpartisipasi dalam ajang pariwisata internasional World Travel Market (WTM) London yang akan berlangsung pada 5–7 November 2024. Made menyebutkan pihaknya akan mendukung 46 pelaku industri pariwisata Indonesia, termasuk hotel dan agen perjalanan, dalam ajang tersebut. Selain keikutsertaan di WTM London, program pemasaran dan branding pariwisata Indonesia juga akan dilangsungkan di Kanada, Australia, Tiongkok, dan sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura serta memaksimalkan cross border tourism di Batam dan Bintan. Sebelumnya, Kemenparekraf telah menjalankan program pemasaran kolaboratif dengan berbagai pihak melalui penyelenggaraan familiarization trip dan kampanye Wonderful Indonesia melalui kanal digital, yang diharapkan dapat memperkuat citra pariwisata Indonesia di mata dunia sehingga akan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan. Kemenparekraf berkomitmen untuk terus melangkah dan memberikan manfaat bagi masyarakat meskipun dalam masa transisi. Dengan berpartisipasi dalam ajang pariwisata internasional dan melaksanakan program pemasaran di berbagai negara, Kemenparekraf berharap dapat mencapai target pariwisata yang telah ditetapkan.