Mengasah Kemampuan Matematika dengan Soal Pilihan Ganda

3
(312 votes)

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa contoh soal pilihan ganda matematika yang dapat membantu siswa dalam mengasah kemampuan mereka. Soal-soal ini mencakup berbagai topik, mulai dari pecahan, perbandingan, hingga operasi bilangan. Mari kita lihat beberapa contoh soal dan caranya menyelesaikannya. 1. Selisih dari 9,2 dan 4,582 adalah - A. 4,618 C. 4,628 B. 4,682 D. 4,728 2. Bentuk pecahan yang paling sederhana dari 0,0075 adalah A. \( \frac{75}{10000} \) C. \( \frac{5}{400} \) B. \( \frac{75}{1000} \) D. \( \frac{3}{400} \) 3. Pernyataan berikut yang benar adalah.. A. \( 90 <-70 \) C. \( -16 >-10 \) B. \( -80 >-65 \) D. \( 30 <45 \) 4. Suhu udara di puncak gunung adalah -2°C, setelah hujan suhu turun lagi 3°C. Suhu udara di puncak gunung tersebut sekarang adalah.. A. 5°C C. -1°C B. 18°C D. 5°C 5. Hasil dari -16 + 23 + (-34) adalah.... A. 28 C. 27 B. -27 D. 28 6. Dalam suatu permainan, jika menang diberi nilai 4, kalah diberi nilai -2, dan seri diberi nilai -1, suatu regu telah bermain sebanyak 48 kali, 25 kali menang, dan 7 kali seri. Nilai yang diperoleh regu itu adalah ... A. 93 C. 61 B. 68 D. 58 7. Dua orang siswa, Budi dan Twan, masing-masing berenang setiap 4 hari dan 6 hari sekali. Jika mereka berenang pertama bersama-sama pada hari Selasa, berikutnya mereka berenang bersama-sama pada hari... A. Sabtu C. Senin B. Minggu D. Selasa 8. 12 buku dan 18 pensil akan dibagikan kepada beberapa siswa dengan setiap siswa memperoleh bagian yang sama untuk setiap jenisnya. Paling banyak siswa yang dapat memperoleh buku dan pensil adalah... A. 4 siswa C. 8 siswa B. 6 siswa D. 12 siswa 9. Pecahan yang setara dengan \( \frac{3}{y} \) adalah - A. \( \frac{2}{10} \) C. \( \frac{4}{14} \) D. \( \frac{6}{12} \) D. \( \frac{2}{21} \) 10. Ibu memiliki 6 3/4 kg gula pasir, kemudian membeli lagi sebanyak 5 5/8 kg gula pasir. Banyak gula pasir yang dimiliki ibu sekarang adalah A. 11 1/12 kg C. 11 1/6 kg B. 12 1/12 kg D. 12 1/6 kg 11. Hasil dari \( 18 \frac{2}{12} - 11 \frac{3}{8} \) adalah A. \( \frac{3}{24} \) C. \( 6 \frac{7}{24} \) B. \( 8 \frac{7}{24} \) D. \( 6 \frac{1}{24} \) 12. Pecahan \( \frac{2}{3}, \frac{7}{6}, \frac{1}{4}, \frac{2}{6} \). Jika diurutkan dari yang terkecil ke terbesar adalah - A. \( \frac{2}{8}, \frac{7}{8}, \frac{3}{4}, \frac{5}{6} \) C. \( \frac{2}{3}, \frac{3}{4}, \frac{3}{4}, \frac{7}{6} \) B. \( \frac{2}{4}, \frac{3}{4}, \frac{5}{6}, \frac{2}{3} \) D. \( \frac{1}{3}, \frac{1}{6}, \frac{2}{3}, \frac{3}{4} \) 13. Diketahui dalam suatu kelas terdapat 12 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Dengan menjawab soal-soal ini, siswa akan dapat melatih kemampuan matematika mereka dalam berbagai topik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siswa dalam meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri mereka dalam matematika.