Kewenangan Penunjukan Pelaksana Tugas Presiden dalam UUD 1945

4
(170 votes)

Dalam Undang-Undang Dasar 1945, dijelaskan bahwa wakil presiden dapat diangkat atau ditunjuk oleh presiden. Namun, pertanyaan muncul mengenai apakah presiden dapat menunjuk wakil presiden sebagai Pelaksana Tugas (PLT) presiden ketika presiden berhalangan atau sedang menjalankan dinas kenegaraan. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi kewenangan penunjukan PLT presiden dan apakah tindakan ini sesuai dengan ketentuan UUD 1945. Menurut Pasal 8B ayat (1) UUD 1945, presiden memiliki kewenangan untuk menunjuk wakil presiden. Namun, tidak ada ketentuan yang secara eksplisit menyebutkan bahwa wakil presiden dapat menjadi PLT presiden ketika presiden berhalangan atau menjalankan dinas kenegaraan. Oleh karena itu, ada argumen yang menyatakan bahwa penunjukan wakil presiden sebagai PLT presiden mungkin bertentangan dengan UUD 1945. Namun, kita perlu mempertimbangkan konteks dan tujuan dari penunjukan PLT presiden. Tujuan utama dari penunjukan PLT presiden adalah untuk memastikan kelancaran pemerintahan dan kontinuitas kepemimpinan dalam situasi ketika presiden tidak dapat menjalankan tugasnya. Dalam hal ini, penunjukan wakil presiden sebagai PLT presiden dapat dianggap sebagai langkah yang rasional dan efektif. Selain itu, kita juga perlu melihat praktik yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam beberapa kasus di masa lalu, wakil presiden telah ditunjuk sebagai PLT presiden ketika presiden berhalangan atau menjalankan dinas kenegaraan. Meskipun tidak ada ketentuan yang secara tegas mengizinkan hal ini, praktik ini telah diterima dan diakui secara luas. Dalam konteks ini, kita dapat berargumen bahwa penunjukan wakil presiden sebagai PLT presiden dalam situasi tertentu tidak bertentangan dengan UUD 1945. Meskipun tidak ada ketentuan yang secara eksplisit mengizinkan hal ini, penunjukan ini dapat dianggap sebagai interpretasi yang rasional dan sesuai dengan semangat UUD 1945. Namun, penting untuk mencatat bahwa penunjukan PLT presiden harus dilakukan dengan hati-hati dan dalam batas-batas yang ditentukan oleh hukum. Penunjukan ini tidak boleh disalahgunakan atau digunakan untuk kepentingan politik yang sempit. Selain itu, penunjukan PLT presiden harus dilakukan dengan transparansi dan akuntabilitas yang tinggi. Dalam kesimpulan, meskipun UUD 1945 tidak secara eksplisit mengatur penunjukan wakil presiden sebagai PLT presiden, penunjukan ini dapat dianggap sebagai langkah yang rasional dan efektif dalam situasi ketika presiden berhalangan atau menjalankan dinas kenegaraan. Namun, penunjukan ini harus dilakukan dengan hati-hati dan dalam batas-batas yang ditentukan oleh hukum.