Menghitung Perpindahan Siswa yang Berjalan ke Timur dan Berbelok ke Utar

4
(390 votes)

Seorang siswa berjalan sejauh 8 meter ke arah timur dan kemudian berbelok ke arah utara sejauh 6 meter. Tugas kita adalah untuk menghitung perpindahan total siswa tersebut. Untuk menghitung perpindahan, kita perlu menggunakan konsep vektor. Vektor adalah besaran yang memiliki magnitude (besarnya) dan arah. Dalam kasus ini, kita memiliki dua vektor: vektor perpindahan ke timur dan vektor perpindahan ke utara. Vektor perpindahan ke timur memiliki magnitude 8 meter dan arah ke timur. Kita dapat menggambarkannya sebagai panah yang menunjuk ke arah timur dengan panjang 8 meter. Vektor perpindahan ke utara memiliki magnitude 6 meter dan arah ke utara. Kita dapat menggambarkannya sebagai panah yang menunjuk ke arah utara dengan panjang 6 meter. Untuk menghitung perpindahan total, kita perlu menjumlahkan kedua vektor tersebut. Karena kedua vektor tersebut tegak lurus satu sama lain, kita dapat menggunakan teorema Pythagoras untuk menghitung magnitude perpindahan total. Dalam kasus ini, magnitude perpindahan total dapat dihitung menggunakan rumus: perpindahan total = akar kuadrat (perpindahan ke timur^2 + perpindahan ke utara^2) perpindahan total = akar kuadrat (8^2 + 6^2) perpindahan total = akar kuadrat (64 + 36) perpindahan total = akar kuadrat (100) perpindahan total = 10 meter Jadi, perpindahan total siswa tersebut adalah 10 meter. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan konsep perpindahan dan vektor untuk menghitung jarak dan arah perjalanan. Misalnya, ketika kita mengendarai mobil, kita dapat menggunakan peta dan kompas untuk menghitung perpindahan dan arah yang harus kita ambil. Dengan memahami konsep perpindahan dan vektor, kita dapat mengaplikasikannya dalam berbagai situasi kehidupan nyata.