Prosedur Telepon dan Menerima Uang Muka dari Pelanggan

3
(222 votes)

Pendahuluan: Bagian: ① Telepon dan Menerima Uang Muka dari Pelanggan - Pelanggan menghubungi bagian penjualan untuk melakukan pemesanan dan memberikan uang muka. - Bagian penjualan mencatat pesanan pada Sales Order (SO) dan mencatat uang muka pada Outstanding Order (OO). ② Membuat Tunda Terima dan Mencatat pada OO - Bagian penjualan membuat Tunda Terima (TT) untuk pelanggan dan bagian keuangan. - OO diarsip berdasarkan nomor dokumen. ③ Membuat Nuta Penjualan dan Mencatat pada Bank - Bagian keuangan membuat Nuta Penjualan (NP) berdasarkan SO #2. - NP dan TT diarsip berdasarkan tanggal. - Bagian keuangan mentransfer uang ke bank dan memberikan bukti setoran ke bagian akuntansi. ④ Membuat Surat Jalan dan Memo Perintah - Bagian penjualan menerima NP #1 dan SO #2 dari bagian keuangan. - Bagian penjualan membuat Surat Jalan (SJ) dan Memo Perintah (MP). - SO #2 diarsip berdasarkan nomor. ⑤ Pengiriman Barang - SJ, MP, dan NP #1 diberikan kepada kepala gudang. - Kepala gudang menandatangani SJ dan mengkoordinasi mandor untuk memproses pengiriman barang. Kesimpulan: Proses telepon dan menerima uang muka dari pelanggan melibatkan beberapa langkah yang melibatkan bagian penjualan, keuangan, dan pengiriman. Semua dokumen dan uang harus dicatat dan diarsip dengan benar untuk memastikan kelancaran proses.