Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Sistem Pencernaan Manusia melalui Media Visual dan Aktivitas Interaktif
<br/ >Dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang sistem pencernaan manusia, Bu Manda telah menggunakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan media visual dan aktivitas interaktif. Dengan memanfaatkan gambar organ-organ pencernaan pada papan tulis serta model sistem pencernaan manusia (torso anatomi manusia), Bu Manda memberikan kesempatan kepada siswa untuk secara langsung merasakan jalannya proses pencernaan makanan melalui organ-organ pencernaan tersebut. <br/ > <br/ >Selain itu, dengan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai mengenai organ-organ pencernaan dan fungsi masing-masing organ tersebut, Bu Manda menciptakan landasan yang kuat bagi siswa untuk memperoleh pemahaman yang mendalam. Melalui tanya jawab tentang nama-nama organ pernapasan manusia dan pemberian Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai latihan berkelompok, Bu Manda juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalam proses belajar. <br/ > <br/ >Namun demikian, hasil evaluasi menunjukkan bahwa capaian hasil belajar tidak sesuai harapan. Hanya 8 dari 25 siswa yang berhasil mencapai nilai di atas 75. Hal ini menjadi titik refleksi bagi Bu Manda untuk melakukan langkah-langkah perbaikan dalam prosedur pembelajarannya. <br/ > <br/ >Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, dapat dikembangkan prosedur pembelajaran tambahan yang mencakup kegiatan awal, inti, dan penutup secara lebih terstruktur. Selain itu, penggunaan media visual seperti model sistem pencernaan manusia dapat ditingkatkan agar lebih menarik minat serta membantu pemahaman siswa tentang letak dan fungsi organ-organ pencernaan manusia secara lebih mendalam. <br/ >