Mekanisme Conditioning dalam Pembelajaran: Aplikasi dalam Pendidikan

4
(203 votes)

Mekanisme conditioning merupakan konsep fundamental dalam psikologi belajar yang menjelaskan bagaimana organisme belajar untuk menghubungkan stimulus dan respons. Konsep ini memiliki implikasi yang luas dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Artikel ini akan membahas mekanisme conditioning dan aplikasinya dalam konteks pendidikan.

Conditioning Klasik: Membangun Asosiasi

Conditioning klasik, yang pertama kali dipelajari oleh Ivan Pavlov, melibatkan pembelajaran asosiatif di mana stimulus netral dikaitkan dengan stimulus yang secara alami memicu respons. Dalam eksperimen Pavlov yang terkenal, anjing belajar untuk mengasosiasikan suara bel (stimulus netral) dengan makanan (stimulus yang tidak terkondisi), yang secara alami memicu salivasi (respons yang tidak terkondisi). Setelah beberapa kali dipasangkan, suara bel sendiri mulai memicu salivasi (respons yang terkondisi).

Dalam konteks pendidikan, conditioning klasik dapat digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi. Misalnya, guru dapat menggunakan musik yang menyenangkan atau aroma yang menenangkan untuk menciptakan suasana belajar yang positif. Dengan mengasosiasikan musik atau aroma dengan kegiatan belajar, siswa dapat belajar untuk mengasosiasikan kegiatan belajar dengan perasaan positif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar mereka.

Conditioning Operan: Memperkuat Perilaku

Conditioning operan, yang dipelopori oleh B.F. Skinner, berfokus pada bagaimana konsekuensi dari perilaku memengaruhi kemungkinan perilaku tersebut akan terjadi lagi di masa depan. Dalam conditioning operan, perilaku yang diikuti oleh penguatan (reinforcement) cenderung lebih sering terjadi, sedangkan perilaku yang diikuti oleh hukuman (punishment) cenderung lebih jarang terjadi.

Dalam pendidikan, conditioning operan dapat digunakan untuk mendorong perilaku yang diinginkan dan mengurangi perilaku yang tidak diinginkan. Misalnya, guru dapat memberikan pujian atau hadiah kepada siswa yang menunjukkan perilaku yang diinginkan, seperti menyelesaikan tugas tepat waktu atau berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Sebaliknya, guru dapat menggunakan hukuman, seperti mengurangi nilai atau waktu bermain, untuk mengurangi perilaku yang tidak diinginkan, seperti berbicara di kelas atau tidak mengerjakan tugas.

Aplikasi Conditioning dalam Pendidikan

Mekanisme conditioning memiliki aplikasi yang luas dalam pendidikan. Berikut adalah beberapa contoh:

* Membangun Motivasi: Conditioning klasik dapat digunakan untuk membangun motivasi belajar dengan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi.

* Meningkatkan Perilaku: Conditioning operan dapat digunakan untuk mendorong perilaku yang diinginkan, seperti menyelesaikan tugas tepat waktu, berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas, dan menunjukkan rasa hormat kepada guru dan teman sekelas.

* Mengatasi Ketakutan dan Kecemasan: Conditioning klasik dapat digunakan untuk mengatasi ketakutan dan kecemasan yang terkait dengan sekolah, seperti ketakutan berbicara di depan umum atau ketakutan ujian.

* Meningkatkan Keterampilan: Conditioning operan dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan, seperti membaca, menulis, dan matematika, dengan memberikan penguatan positif untuk kemajuan yang dibuat.

Kesimpulan

Mekanisme conditioning merupakan konsep penting dalam psikologi belajar yang memiliki implikasi yang luas dalam pendidikan. Conditioning klasik dan operan dapat digunakan untuk membangun motivasi belajar, mendorong perilaku yang diinginkan, mengatasi ketakutan dan kecemasan, dan meningkatkan keterampilan. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip conditioning, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan memotivasi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.