Perbandingan Empat Teori Belajar dalam Pembelajaran Kelas
Pendahuluan: <br/ > <br/ >Bagian: <br/ > <br/ >① Teori Belajar Behaviorisme: <br/ > - Tokoh: Ivan Pavlov, B.F. Skinner <br/ > - Substansi/Isi Teori: Pembelajaran berpusat pada respons terhadap rangsangan eksternal <br/ > - Objek Kajian Teori: Perilaku yang teramati <br/ > - Bentuk Implementasi dalam pembelajaran di Kelas: Penggunaan reinforcement dan punishment <br/ > <br/ >② Teori Belajar Kognitif: <br/ > - Tokoh: Jean Piaget, Lev Vygotsky <br/ > - Substansi/Isi Teori: Pembelajaran dipengaruhi oleh pemahaman, persepsi, dan pemecahan masalah <br/ > - Objek Kajian Teori: Proses mental dan pemikiran <br/ > - Bentuk Implementasi dalam pembelajaran di Kelas: Pemberian tugas berpikir kritis dan kolaborasi <br/ > <br/ >③ Teori Belajar Humanistik: <br/ > - Tokoh: Carl Rogers, Abraham Maslow <br/ > - Substansi/Isi Teori: Pembelajaran berpusat pada kebutuhan individu, pengalaman, dan pertumbuhan pribadi <br/ > - Objek Kajian Teori: Pengalaman dan potensi individu <br/ > - Bentuk Implementasi dalam pembelajaran di Kelas: Fokus pada self-directed learning dan pemberian umpan balik positif <br/ > <br/ >④ Teori Belajar Konstruktivis: <br/ > - Tokoh: Jerome Bruner, Lev Vygotsky <br/ > - Substansi/Isi Teori: Pembelajaran melalui konstruksi pengetahuan oleh individu <br/ > - Objek Kajian Teori: Konstruksi pengetahuan dan pemahaman <br/ > - Bentuk Implementasi dalam pembelajaran di Kelas: Pemberian proyek berbasis masalah dan diskusi kelompok <br/ > <br/ >Kesimpulan: