Memahami Peran Kepribadian dalam Strategi Pemasara

4
(219 votes)

Pertanyaan penting bagi pemasar adalah "apakah arang dengan kepribadian tertentu akan membeli produk tertentu?" Sebagai kondisi konsumen yang selalu ingin mencari pengalaman baru dan berbeda, sementara konsumen lain senang dengan kondisi yang sudah dikenalnya, menggunakan merek yang sama terus-menerus. Perbedaan seperti ini dapat menciptakan nilai dan mempertimbangkan perbedaan kepribadian untuk merumuskan strategi pemasaran. Komputer, misalnya, dapat melambangkan keramahan, melambungkan kejantan, dan perabot rumah melambangkan keakraban. Semua merupakan sifat-sifat manusia yang dituangkan pada produk dan dipertahankan oleh pemasar. Kepribadian juga dapat digunakan untuk mendefinisikan segmen pasar. Bagi perusahaan asuransi, segmen pasar yang menjadi sasarannya dapat berupa orang-orang dominan yang ingin memiliki kontrol atas situasi-situasi yang mempengaruhi mereka. Mereka cenderung percaya diri dan mengikuti saran dari orang lain yang mereka anggap ahli dan dapat memenuhi permintaan akan ketepatan dan keandalan. Jadi, perusahaan asuransi tidak lagi menerapkan konsep menakut-nakuti (pendekatan emosional), tetapi dengan pendekatan informasional. Konsumen seperti ini tidak diyakinkan bahwa asuransi jiwa merupakan ide yang baik, tetapi mereka lebih suka mencari informasi tentang keamanan atau proteksi di masa mendatang. Sebenarnya, pengaruh sifat kepribadian konsumen terhadap persepsi dan perilaku pembelianannya adalah sangat umum; dan upaya-upaya untuk menghubungkan norma kepribadian dengan berbagai macam tindakan pembelian konsumen umumnya tidak berhasil. Namun, para pakar tetap percaya bahwa kepribadian juga mempengaruhi perilaku beli seseorang. Sifat-sifat kepribadian (personality trait) yang relevan dengan strategi pemasaran adalah sebagai berikut: a. Innovativeness, yaitu tingkatan di mana seseorang suka mencoba sesuatu yang baru. b. Percaya-diri, yaitu tingkatan di mana seseorang mempunyai evaluasi positif tentang kemampuannya termasuk kemampuan mengambil keputusan produk yang baik. Dengan memahami peran kepribadian dalam strategi pemasaran, perusahaan dapat menyesuaikan pendekatan dan pesan mereka dengan kebutuhan dan preferensi konsumen yang berbeda. Ini dapat membantu meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran dan mencapai hasil yang lebih baik.