**\x0a Analisis Pengaruh Kualitas Hubungan Guru dan Siswa terhadap Motivasi Belajar\x0a\x0a2. **Isi Makalah:**
<br/ > <br/ > Dalam era pendidikan saat ini, hubungan antara guru dan siswa memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Motivasi belajar adalah salah satu faktor kunci yang mempengaruhi prestasi siswa di sekolah. Oleh karena itu, memahami pengaruh kualitas hubungan guru dan siswa terhadap motivasi belajar menjadi topik yang relevan dan perlu dianalisis. <br/ > <br/ > Analisis ini akan melihat bagaimana interaksi positif antara guru dan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam konteks ini, interaksi positif merujuk pada komunikasi yang efektif, empati, dukungan, dan penghargaan yang diberikan oleh guru kepada siswa. Melalui analisis ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana kualitas hubungan tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa secara signifikan. <br/ > <br/ > Untuk mencapai tujuan ini, penelitian kualitatif akan dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam kepada guru dan siswa di beberapa sekolah di daerah tertentu. Data yang dikumpulkan akan dianalisis secara mendalam untuk mengidentifikasi pola dan tren dalam hubungan antara guru dan siswa serta dampaknya terhadap motivasi belajar. <br/ > <br/ > Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kualitas hubungan positif antara guru dan siswa memiliki dampak signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Interaksi positif tersebut menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, memberikan dorongan bagi siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, serta meningkatkan rasa aman dan kepercayaan diri mereka di sekolah. <br/ > <br/ > Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk memperhatikan kualitas hubungan mereka dengan siswa serta memberikan dukungan emosional dan akademik kepada mereka. Selain itu, pendidik juga perlu melibatkan orang tua dalam proses pendidikan untuk menciptakan kerjasama yang kuat