Pengaruh Kurikulum Tersembunyi terhadap Perkembangan Moral Siswa

3
(322 votes)

Pengantar: Kurikulum Tersembunyi dan Perkembangan Moral Siswa

Kurikulum tersembunyi adalah aspek pendidikan yang tidak secara eksplisit ditulis dalam dokumen kurikulum resmi, tetapi memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan siswa. Dalam konteks ini, kita akan membahas pengaruh kurikulum tersembunyi terhadap perkembangan moral siswa.

Kurikulum Tersembunyi: Definisi dan Contoh

Kurikulum tersembunyi merujuk pada nilai-nilai, sikap, dan perilaku yang dipelajari oleh siswa melalui interaksi sehari-hari di sekolah, bukan melalui pelajaran formal di kelas. Contoh dari kurikulum tersembunyi bisa berupa etika berperilaku di kantin sekolah, sikap terhadap teman sebaya, atau bahkan bagaimana siswa berinteraksi dengan guru dan staf sekolah.

Pengaruh Kurikulum Tersembunyi terhadap Perkembangan Moral Siswa

Kurikulum tersembunyi memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan moral siswa. Nilai-nilai dan sikap yang dipelajari melalui kurikulum tersembunyi seringkali lebih berpengaruh daripada apa yang diajarkan secara formal di kelas. Misalnya, siswa yang melihat teman sebayanya berperilaku sopan dan menghargai orang lain akan cenderung meniru perilaku tersebut. Sebaliknya, jika lingkungan sekolah penuh dengan perilaku negatif, siswa juga bisa terpengaruh untuk berperilaku demikian.

Pentingnya Mengenali dan Mengelola Kurikulum Tersembunyi

Mengingat pengaruhnya yang besar, penting bagi sekolah dan pendidik untuk mengenali dan mengelola kurikulum tersembunyi. Ini bisa dilakukan dengan menciptakan lingkungan sekolah yang positif, di mana perilaku baik dan nilai-nilai moral ditekankan. Selain itu, pendidik juga harus menjadi role model yang baik bagi siswa, karena perilaku mereka akan sangat mempengaruhi bagaimana siswa berperilaku dan nilai apa yang mereka ambil dari pengalaman sekolah mereka.

Kesimpulan: Kurikulum Tersembunyi dan Perkembangan Moral Siswa

Secara keseluruhan, kurikulum tersembunyi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan moral siswa. Meskipun tidak secara eksplisit ditulis dalam dokumen kurikulum, nilai-nilai dan sikap yang dipelajari melalui kurikulum tersembunyi seringkali memiliki dampak yang lebih besar daripada apa yang diajarkan secara formal di kelas. Oleh karena itu, penting bagi sekolah dan pendidik untuk mengenali dan mengelola kurikulum tersembunyi dengan baik, untuk memastikan bahwa siswa mendapatkan pengalaman pendidikan yang positif dan bermakna.