Alur Cerita Farcry 4

4
(293 votes)

Farcry 4 adalah game aksi petualangan yang dikembangkan oleh Ubisoft Montreal dan dirilis pada tahun 2014. Game ini mengambil setting di negara fiksi bernama Kyrat, yang terletak di Himalaya. Pemain mengambil peran sebagai Ajay Ghale, seorang pria muda yang datang ke Kyrat untuk menghormati permintaan terakhir ibunya. Namun, Ajay segera terjebak dalam konflik antara pemberontak dan penguasa tirani, Pagan Min. Cerita dimulai ketika Ajay tiba di Kyrat dan bertemu dengan Pagan Min, seorang diktator yang memerintah dengan tangan besi. Pagan Min mengklaim bahwa dia adalah ayah kandung Ajay dan mencoba untuk membujuknya untuk tinggal di Kyrat. Namun, Ajay melarikan diri dan bergabung dengan pemberontak yang dipimpin oleh Sabal dan Amita. Pemberontak memiliki tujuan yang sama, yaitu menggulingkan Pagan Min dan mengembalikan Kyrat kepada rakyatnya. Namun, Sabal dan Amita memiliki pendekatan yang berbeda dalam mencapai tujuan tersebut. Sabal ingin mempertahankan tradisi dan budaya Kyrat, sementara Amita ingin modernisasi dan kemajuan. Pemain harus membuat pilihan yang sulit dalam mendukung salah satu dari mereka, yang akan mempengaruhi alur cerita dan akhir permainan. Selama perjalanan, Ajay akan bertemu dengan berbagai karakter yang menarik dan beragam, termasuk Yogi dan Reggie, dua pria yang menjalankan bisnis obat-obatan terlarang di Kyrat. Pemain juga akan berhadapan dengan hewan buas seperti harimau dan gajah, yang menambah tantangan dalam menjelajahi dunia terbuka yang luas. Cerita Farcry 4 menawarkan pengalaman yang mendalam dan penuh aksi, dengan pilihan moral yang sulit dan akhir yang bervariasi. Game ini juga menampilkan grafis yang memukau dan gameplay yang seru. Bagi para penggemar game aksi petualangan, Farcry 4 adalah pilihan yang sempurna untuk dijelajahi. Dengan demikian, alur cerita Farcry 4 mengikuti perjalanan Ajay Ghale di Kyrat, di mana ia harus memilih antara pemberontak yang berbeda dan menghadapi tantangan yang menantang dalam upayanya untuk menggulingkan Pagan Min.