Memahami Konsep-Konsep Inti dalam Disiplin Positif

4
(275 votes)

Disiplin positif adalah pendekatan yang berfokus pada mempromosikan perilaku yang diinginkan dan mengurangi perilaku yang tidak diinginkan di antara siswa. Ini melibatkan penggunaan teknik-teknik seperti hukuman dan penghargaan, serta memahami kebutuhan dasar manusia dan keyakinan kelas. Dalam modul ini, kita akan menjelajahi konsep-konsep inti dalam disiplin positif, termasuk teori kontrol, teori motivasi, dan posisi kontrol guru. Salah satu aspek yang menarik dari disiplin positif adalah segitiga restitusi, yang menggambarkan hubungan antara hukuman, penghargaan, dan kontrol. Ini menunjukkan bahwa ketika kita meningkatkan satu elemen, kita harus mengurangi elemen lain untuk mencapai hasil yang diinginkan. Misalnya, jika kita meningkatkan hukuman, kita harus mengurangi penghargaan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Ini menunjukkan bahwa kontrol guru juga memainkan peran penting dalam disiplin positif, karena mereka dapat membantu siswa memahami dan mengikuti aturan dan harapan. Selain itu, teori motivasi menunjukkan bahwa siswa lebih cenderung untuk berperilaku dengan cara yang diinginkan jika mereka memiliki motivasi untuk melakukannya. Ini dapat dicapai dengan menawarkan penghargaan atau memberikan umpan balik positif. Dengan memahami kebutuhan dasar manusia dan keyakinan kelas, guru dapat lebih memahami motivasi siswa dan menggunakannya untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif. Secara keseluruhan, disiplin positif adalah pendekatan yang berfokus pada mempromosikan perilaku yang diinginkan dan mengurangi perilaku yang tidak diinginkan di antara siswa. Dengan memahami konsep-konsep inti seperti teori kontrol, teori motivasi, dan posisi kontrol guru, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung siswa dalam mencapai potensi penuh mereka.