Menjelajahi Dunia Huruf "H" dan "C" dengan Prinsip UbD di Kelas 1 **

4
(169 votes)

Rancangan pembelajaran dengan prinsip UbD (Understanding by Design) untuk kelas 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi mengenali huruf "h" dan suku kata dengan huruf "c" dalam kata benda di sekitar mereka, dapat dirancang dengan fokus pada pemahaman dan aplikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya: 1. Tahap Penentuan Tujuan Pembelajaran (Desired Results): * Tujuan Umum: Siswa dapat mengenali huruf "h" dan "c" dalam kata benda di sekitar mereka. * Tujuan Khusus: * Siswa dapat menyebutkan contoh kata benda yang diawali dengan huruf "h" dan "c". * Siswa dapat menulis kata benda yang diawali dengan huruf "h" dan "c". * Siswa dapat membedakan kata benda yang diawali dengan huruf "h" dan "c" dalam kalimat sederhana. 2. Tahap Perencanaan Pembelajaran (Evidence of Understanding): * Kegiatan Pembuka: * Guru memperkenalkan huruf "h" dan "c" dengan menggunakan gambar-gambar benda yang diawali dengan huruf tersebut. * Guru mengajak siswa untuk menyebutkan nama benda-benda tersebut dan menunjuk huruf awal dari kata benda tersebut. * Kegiatan Inti: * Guru memberikan contoh kata benda yang diawali dengan huruf "h" dan "c" dan meminta siswa untuk mengulanginya. * Guru memberikan kartu gambar benda yang diawali dengan huruf "h" dan "c" dan meminta siswa untuk mencocokkan dengan kartu huruf yang sesuai. * Guru memberikan lembar kerja yang berisi gambar benda dan meminta siswa untuk menuliskan nama benda tersebut. * Kegiatan Penutup: * Guru mengajak siswa untuk bermain permainan "Tebak Kata" dengan menggunakan kata benda yang diawali dengan huruf "h" dan "c". * Guru memberikan refleksi singkat tentang pembelajaran yang telah dilakukan. 3. Tahap Evaluasi Pembelajaran (Assessment): * Evaluasi Formatif: * Guru mengamati partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. * Guru memberikan pertanyaan lisan untuk menguji pemahaman siswa. * Evaluasi Sumatif: * Guru memberikan tes tertulis yang berisi soal pilihan ganda dan soal uraian tentang pengenalan huruf "h" dan "c" dalam kata benda. 4. Penerapan Prinsip UbD: * Fokus pada Pemahaman: Kegiatan pembelajaran dirancang untuk membantu siswa memahami konsep huruf "h" dan "c" dalam kata benda. * Pembelajaran Bermakna: Kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan pengalaman nyata siswa, seperti benda-benda di sekitar mereka. * Evaluasi Berkelanjutan: Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan untuk memantau pemahaman siswa. Kesimpulan:** Rancangan pembelajaran dengan prinsip UbD ini diharapkan dapat membantu siswa kelas 1 dalam mengenali huruf "h" dan "c" dalam kata benda di sekitar mereka dengan cara yang menyenangkan dan bermakna. Dengan fokus pada pemahaman dan aplikasi, siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.