Analisis Kontrastif dan Interferensi Fonologi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia pada Anak Bilingual

4
(296 votes)

Anak bilingual, yang terpapar pada dua bahasa sejak usia dini, menghadapi proses akuisisi bahasa yang unik. Mereka tidak hanya mempelajari dua sistem linguistik yang berbeda, tetapi juga menavigasi interaksi kompleks di antara keduanya. Fenomena ini, yang dikenal sebagai interferensi bahasa, dapat diamati dengan jelas dalam fonologi, studi tentang bunyi ujaran. Artikel ini menganalisis secara kontrastif fonologi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, mengkaji bagaimana perbedaan ini dapat menyebabkan interferensi fonologis pada anak bilingual.

Perbandingan Sistem Fonologi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, meskipun sama-sama menggunakan alfabet Latin, memiliki inventaris fonem yang berbeda. Bahasa Inggris memiliki lebih banyak vokal dan konsonan daripada bahasa Indonesia. Misalnya, bahasa Inggris membedakan antara vokal pendek dan panjang, seperti /ɪ/ dan /iː/, yang tidak ada dalam bahasa Indonesia. Perbedaan ini dapat menyebabkan anak bilingual mengalami kesulitan dalam membedakan dan menghasilkan bunyi-bunyi yang tidak ada dalam bahasa dominan mereka.

Manifestasi Interferensi Fonologis pada Anak Bilingual

Interferensi fonologis dapat bermanifestasi dalam berbagai cara. Anak bilingual mungkin mengganti bunyi dari satu bahasa ke bahasa lain, yang dikenal sebagai substitusi. Misalnya, anak yang dominan berbahasa Indonesia mungkin mengganti bunyi /θ/ dalam bahasa Inggris dengan /s/, sehingga mengucapkan "thing" sebagai "sing". Fenomena lain adalah penyederhanaan gugus konsonan, di mana anak mereduksi gugus konsonan kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana. Misalnya, "street" mungkin diucapkan sebagai "set".

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Interferensi Fonologis

Tingkat interferensi fonologis dapat bervariasi antar anak bilingual, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Usia pemaparan terhadap kedua bahasa memainkan peran penting. Anak yang terpapar pada kedua bahasa sejak lahir cenderung menunjukkan interferensi yang lebih sedikit dibandingkan dengan anak yang mulai mempelajari bahasa kedua di kemudian hari. Faktor lain adalah dominasi bahasa, di mana anak bilingual mungkin lebih dipengaruhi oleh fonologi bahasa yang lebih dominan. Paparan bahasa yang konsisten dan seimbang terhadap kedua bahasa dapat membantu meminimalkan interferensi.

Implikasi untuk Pendidikan dan Terapi Wicara

Memahami potensi interferensi fonologis sangat penting dalam konteks pendidikan dan terapi wicara. Guru dan terapis wicara harus menyadari perbedaan fonologis antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, serta faktor-faktor yang dapat memengaruhi interferensi. Penilaian bahasa yang komprehensif harus dilakukan untuk mengidentifikasi area-area yang menjadi tantangan bagi anak bilingual. Strategi intervensi harus disesuaikan untuk mengatasi kesalahan produksi bunyi yang spesifik, dengan fokus pada peningkatan kesadaran fonologis dan kemampuan diskriminasi auditoris.

Artikel ini telah membahas analisis kontrastif fonologi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, menyoroti bagaimana perbedaan ini dapat menyebabkan interferensi fonologis pada anak bilingual. Faktor-faktor seperti usia pemaparan, dominasi bahasa, dan paparan bahasa yang konsisten memengaruhi tingkat interferensi. Kesadaran akan fenomena ini sangat penting bagi para pendidik dan terapis wicara untuk memberikan dukungan yang tepat kepada anak bilingual, memastikan perkembangan bahasa yang optimal.