Peran Pendidikan Pranikah dalam Mencegah Penelantaran Anak di Indonesi
Penelantaran anak merupakan masalah serius yang masih terjadi di Indonesia, seperti yang disorot dalam kutipan tajuk rencana terbaru. Menteri Sosial Kholitah Indar Parasansa melakukan kunjungan ke dua anak yang ditinggalkan oleh ibu kandungnya, menyoroti urgensi penanganan kasus ini. Dalam konteks ini, program pendidikan pranikah menjadi fokus perhatian sebagai upaya pencegahan. Pernyataan bahwa program pendidikan pranikah dapat menjadi solusi untuk mengatasi kasus penelantaran anak sejalan dengan upaya pemerintah dalam memaksimalkan program tersebut. Namun, pertanyaan mendasar muncul mengenai efektivitas sebenarnya dari pendidikan pranikah dalam menanggulangi masalah ini. Apakah program ini benar-benar mampu mencegah terjadinya penelantaran anak secara signifikan? Dalam konteks ini, penting untuk mempertimbangkan bahwa pendidikan pranikah bukanlah satu-satunya solusi untuk masalah penelantaran anak. Meskipun pemerintah sedang berupaya maksimal dalam implementasi program ini, masih diperlukan pendekatan holistik yang melibatkan berbagai aspek, termasuk sosial, ekonomi, dan pendidikan. Dengan demikian, sementara program pendidikan pranikah dapat menjadi langkah awal yang baik dalam mencegah penelantaran anak, penting untuk tidak mengandalkan program tersebut sebagai satu-satunya solusi. Diperlukan kerjasama lintas sektor dan upaya bersama dari seluruh elemen masyarakat untuk benar-benar mengatasi akar permasalahan penelantaran anak di Indonesia.