Pemberian Tenaga Kerja di Indonesia: Sejarah dan Regulasi
<br/ >Pemberian tenaga kerja di Indonesia telah ada sejak zaman pemerintahan kolonial. Pada tahun 1936, pemerintah kolonial mengeluarkan Stb No. 208 tentang Calon Pekerja, yang merupakan salah satu regulasi awal yang mengatur pemberian tenaga kerja di Indonesia. Selanjutnya, pada tahun 1959, Menteri Muda Perburuhan mengeluarkan Peraturan No. 11 tentang Antarkerja Antar Daerah, yang lebih lanjut mengatur pemberian tenaga kerja di seluruh wilayah Indonesia. <br/ >Pada tahun 1999, Menteri Tenaga Kerja mengeluarkan Keputusan No. 203 dan No. 204 yang mengatur pemberian tenaga kerja di dalam negeri dan keluar negeri. Selain itu, Undang-undang No. 3 Tahun 1958, Instruksi Presiden No. 10 Tahun 1968, dan Keputusan Presiden No. 75 Tahun 1995 juga mengatur pemberian tenaga kerja asing di Indonesia. <br/ >Selain mengatur pemberian tenaga kerja, perusahaan juga memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan pembinaan dan peningkatan pendidikan dan keahlian karyawan. Program latihan kerja, khususnya untuk pekerja operasional, bertujuan untuk memberikan kemampuan dan keterampilan kerja yang diperlukan untuk mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan atau melakukan pekerjaan mandiri. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membina dan meningkatkan keahlian dan keterampilan pekerja, baik dalam hubungan kerja maupun di luar hubungan kerja, serta membina keahlian dan keterampilan pekerja sesuai dengan perkembangan teknik, teknologi, dan perkembangan masyarakat secara umum. <br/ >Dalam rangka pembagian tanggung jawab fungsional mengenai pembinaan pendidikan dan pelatihan kerja, telah diterbitkan Keputusan Presiden No. 34 tanggal 1 April 1972 dan Instruksi Presiden No. 15 tanggal 13 September 1974. Dalam hubungan ini, ditetapkan bahwa Menteri Pendidikan secara fungsional bertanggung jawab dalam perumusan kebijakan dan pembinaan pendidikan umum dan kejuruan, sedangkan Menteri Tenaga Kerja secara fungsional bertanggung jawab dalam perumusan kebijakan dan pembinaan latihan keahlian dan kejuruan tenaga kerja, bukan pegawai negeri. Selain itu, Ketua Lembaga Administrasi Negara secara fungsional bertanggung jawab dalam merumuskan kebijakan dan melakukan pembinaan pendidikan dan latihan bagi pegawai negeri. <br/ >Secara keseluruhan, pemberian tenaga kerja di Indonesia telah mengalami perkembangan sepanjang sejarah negara ini. Dengan adanya regulasi dan kebijakan yang ketat, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka mempekerjakan tenaga kerja yang terampil dan kompeten untuk memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu, perusahaan juga memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan pembinaan dan peningkatan pendidikan dan keahlian karyawan, sehingga mereka dapat berkembang dan berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.