Analisis Regresi Linier Berganda pada Kemampuan Pemecahan Masalah Ilmu Pengetahuan Alam

4
(203 votes)

Analisis regresi linier berganda adalah metode statistik yang digunakan untuk mempelajari hubungan antara satu variabel dependen dengan dua atau lebih variabel independen. Dalam konteks ini, kami akan menganalisis hubungan antara kemampuan pemecahan masalah ilmu pengetahuan alam dengan efikasi diri siswa dan keterampilan intrapersonal. Model Summary menunjukkan bahwa model regresi linier berganda kami memiliki nilai R Square sebesar 0.237, yang berarti 23.7% dari variasi dalam kemampuan pemecahan masalah ilmu pengetahuan alam dapat dijelaskan oleh efikasi diri siswa dan keterampilan intrapersonal. Nilai R Square yang rendah menunjukkan bahwa ada faktor lain yang juga mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah ini. Hasil ANOVA menunjukkan bahwa model regresi kami secara signifikan mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah ilmu pengetahuan alam (F = 13.547, p < 0.001). Hal ini menunjukkan bahwa efikasi diri siswa dan keterampilan intrapersonal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah ini. Koefisien regresi menunjukkan bahwa efikasi diri siswa memiliki pengaruh yang lebih besar (Beta = 0.387, p < 0.001) dibandingkan dengan keterampilan intrapersonal (Beta = 0.244, p = 0.012). Ini menunjukkan bahwa tingkat keyakinan diri siswa dalam menghadapi masalah memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kemampuan pemecahan masalah ilmu pengetahuan alam. Dalam kesimpulan, analisis regresi linier berganda kami menunjukkan bahwa efikasi diri siswa dan keterampilan intrapersonal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah ilmu pengetahuan alam. Namun, efikasi diri siswa memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan keterampilan intrapersonal. Hasil ini dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam ilmu pengetahuan alam.