Menggunakan Metode Understanding by Design untuk Meningkatkan Pembelajara

4
(215 votes)

Pada era yang cepat berubah ini, pendidikan telah menghadapiangan. Dengan meningkatnya jumlah siswa dan kurangnya sumber daya, guru harus mencari cara untuk membuat pembelajaran lebih efektif. Salah satu metode yang semakin populer adalah Understanding by Design (UbD). Metode ini, yang dikembangkan oleh Wiggins dan McTighe, menekankan pentingnya memahami apa yang ingin dipelajari siswa sebelum merencanakan pelajaran. UbD adalah pendekatan yang berpusat pada siswa yang membutuhkan guru untuk memahami apa yang ingin dipelajari siswa sebelum merencanakan pelajaran. Metode ini melibatkan empat langkah: mengidentifikasi tujuan pembelajaran, menentukan bukti yang akan digunakan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan tersebut, merencanakan pengalaman pembelajaran, dan mengimplementasikan dan mengevaluasi pengalaman tersebut. Metode ini memungkinkan guru untuk lebihami kebutuhan dan kepentingan siswa, sehingga mereka dapat merencanakan pelajaran yang lebih relevan dan menarik. Salah satu manfaat utama dari UbD adalah bahwa itu memungkinkan guru untuk lebih memahami kebutuhan dan kepentingan siswa. Dengan mengidentifikasi tujuan pembelajaran dan menentukan bukti yang akan digunakan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan tersebut, guru dapat lebih memahami apa yang ingin dipelajari siswa. Ini memungkinkan mereka untuk merencanakan pelajaran yang lebih relevan dan menarik, yang dapat mengarah pembelajaran yang lebih baik. UbD juga memungkinkan guru untuk lebih memahami konteks di mana siswa belajar. Dengan merencanakan pengalaman pembelajaran dan mengimplementasikannya di lingkungan di mana siswa belajar, guru dapat memastikan bahwa siswa dapat menerapkan apa yang telah merekaari di dunia nyata. Ini dapat membantu siswa menghubungkan apa yang mereka pelajari di kelas dengan kehidupan sehari-harinya, yang dapat mengarah pada hasil pembelajaran yang lebih berkelanjutan. Secara keseluruhan, Understanding by Design adalah metode yang kuat yang dapat membantu guru menciptakan pengalelajaran yang lebih efektif dan relevan untuk siswa. Dengan memahami apa yang ingin dipelajari siswa dan merencanakan pelajaran yang memenuhi kebutuhan dan kepentingan mereka, guru dapat membantu siswa mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik.