Analisis Kognitif HOTS pada Kurikulum Merdeka untuk Soal Pilihan Ganda Materi tentang Shalat Jenazah dan Kunci Jawaban

4
(218 votes)

Pendahuluan: Kurikulum Merdeka adalah kurikulum baru yang diperkenalkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu aspek penting dari kurikulum ini adalah penggunaan soal pilihan ganda yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang berbagai materi pelajaran. Dalam artikel ini, kami akan melakukan analisis kognitif HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada soal pilihan ganda tentang shalat jenazah dan menyajikan kunci jawaban yang tepat. Analisis Kognitif HOTS: Analisis kognitif HOTS adalah proses untuk mengidentifikasi tingkat pemikiran tingkat tinggi yang diperlukan dalam menjawab suatu pertanyaan atau menyelesaikan suatu masalah. Dalam konteks soal pilihan ganda tentang shalat jenazah, kami akan menganalisis tingkat pemikiran tingkat tinggi yang diperlukan dalam menjawab setiap pertanyaan. Pertanyaan 1: "Berapa rakaat shalat jenazah yang dilakukan?" Jawaban: 4 rakaat Pertanyaan 2: "Apakah shalat jenazah dilakukan dengan berdiri atau duduk?" Jawaban: Shalat jenazah dilakukan dengan berdiri. Pertanyaan 3: "Apakah shalat jenazah dilakukan dengan membaca Al-Fatihah?" Jawaban: Tidak, shalat jenazah tidak dilakukan dengan membaca Al-Fatihah. Pertanyaan 4: "Apakah shalat jenazah dilakukan setelah shalat wajib?" Jawaban: Tidak, shalat jenazah dapat dilakukan kapan saja. Kesimpulan: Berdasarkan analisis kognitif HOTS, dapat disimpulkan bahwa soal pilihan ganda tentang shalat jenazah memerlukan pemikiran tingkat tinggi dalam memahami konsep dan aturan shalat jenazah. Siswa perlu memahami jumlah rakaat, posisi tubuh, bacaan yang dilakukan, dan waktu pelaksanaan shalat jenazah. Dengan memahami dan menjawab dengan benar soal-soal ini, siswa dapat menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang shalat jenazah. Kunci Jawaban: 1. 4 rakaat 2. Berdiri 3. Tidak 4. Tidak setelah shalat wajib Dengan demikian, analisis kognitif HOTS pada soal pilihan ganda tentang shalat jenazah dapat membantu guru dan siswa dalam memahami tingkat pemikiran yang diperlukan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.