Hubungan antara Sikap Mahasiswa Akuntansi dan Niat untuk Mengikuti Sertifikasi Akuntan Profesional
Dalam penelitian ini, kami akan menganalisis hubungan antara sikap mahasiswa akuntansi dan niat mereka untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Penelitian ini didasarkan pada hasil uji t yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap mahasiswa akuntansi dan niat mereka untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansinya adalah 0,030, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan sebesar 0,05. Selain itu, nilai t-hitung sebesar 2,215 juga lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1,996. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap mahasiswa akuntansi dan niat mereka untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Selain itu, nilai koefisien positif sebesar 0,351 juga menunjukkan bahwa semakin positif sikap mahasiswa akuntansi, semakin tinggi niat mereka untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Hal ini menunjukkan bahwa sikap yang positif terhadap profesi akuntan dapat menjadi faktor yang mempengaruhi niat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Penemuan ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan pendidikan akuntansi. Dengan memahami hubungan antara sikap dan niat mahasiswa akuntansi, institusi pendidikan dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan niat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan wawasan yang berguna bagi mahasiswa akuntansi dalam mempertimbangkan pilihan karir mereka di bidang akuntansi. Dalam kesimpulan, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara sikap mahasiswa akuntansi dan niat mereka untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Sikap yang positif terhadap profesi akuntan dapat menjadi faktor yang mempengaruhi niat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Penemuan ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan pendidikan akuntansi dan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi mahasiswa akuntansi dalam mempertimbangkan pilihan karir mereka di bidang akuntansi.