Analisis Perbandingan Metode Pengajaran dalam Meningkatkan Pemahaman dan Nilai Akademik Matapelajaran Pendidikan Jasmani di SMPN 1 Bandung

4
(280 votes)

Pak Ahmad, seorang guru di SMPN 1 Bandung, melakukan penelitian eksperimen dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan nilai akademik matapelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini melibatkan dua metode pengajaran yang berbeda, yaitu metode A (pengajaran resiprokal) dan metode B (pengajaran Guided Discovery). Dalam penelitiannya, Pak Ahmad mengumpulkan data kemampuan kebahaman kognitif dari kedua metode pengajaran tersebut. Data hasil penelitian Pak Ahmad dapat dilihat pada tabel berikut: | Kemampuan Kepahaman Kognitif | Metode B | Metode A | |-----------------------------|----------|----------| | 90 | 73 | 77 | | 74 | 74 | 72 | | 65 | 81 | 81 | | 75 | 88 | 83 | | 81 | 75 | 87 | | 89 | | | | 90 | | | | 87 | | | | 84 | | | | 85 | | | | 61 | | | | 60 | | | | 69 | | | | 78 | | | | 71 | | | | 76 | | | | 71 | | | | 75 | | | | 82 | | | | 84 | | | | 74 | | | | 65 | | | | 78 | | | | 61 | | | | 82 | | | | 77 | | | | 72 | | | | 81 | | | | 83 | | | | 87 | | | a. Prasyarat Analisis: Sebelum melakukan analisis, terdapat beberapa prasyarat yang perlu dilakukan. Prasyarat analisis yang perlu dilakukan adalah: 1. Menghitung rata-rata dari setiap metode pengajaran. 2. Menghitung standar deviasi dari setiap metode pengajaran. 3. Melakukan uji normalitas untuk mengecek apakah data terdistribusi normal. 4. Melakukan uji homogenitas untuk mengecek apakah varian dari kedua metode pengajaran sama. b. Uji Hipotesis: Setelah dilakukan uji prasyarat analisis, langkah selanjutnya adalah melakukan uji hipotesis. Uji hipotesis yang paling cocok untuk data di atas adalah uji t-test untuk dua sampel independen. Uji ini digunakan untuk membandingkan rata-rata dari dua kelompok yang berbeda, yaitu metode A dan metode B. c. Uji Statistik Alternatif: Selain uji t-test, terdapat dua uji statistik alternatif yang dapat dilakukan. Pertama, uji Mann-Whitney U untuk data tidak berdistribusi normal. Uji ini digunakan untuk membandingkan median dari dua kelompok yang berbeda. Kedua, uji Levene's untuk uji homogenitas varian. Uji ini digunakan untuk membandingkan varian dari kedua kelompok. d. Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa metode pengajaran B memiliki rata-rata kemampuan kebahaman kognitif yang lebih tinggi daripada metode pengajaran A. Namun, perlu dilakukan uji hipotesis untuk memastikan signifikansi perbedaan tersebut. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi normal, sehingga perlu dilakukan uji statistik alternatif seperti uji Mann-Whitney U. Kesimpulan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan proses belajar mengajar matapelajaran pendidikan jasmani di SMPN 1 Bandung.