**\x0a - Konsep dan Prinsip Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan: Peran Penting Mitra Informal dan Non-Formal dalam Mendukung ESD\x0a\x0a2. **Isi Makalah:**\x0a\x0a**
<br/ > <br/ >Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD) telah menjadi fokus utama dalam sistem pendidikan global. Untuk mencapai tujuan ESD, kolaborasi dengan mitra informal dan non-formal memiliki peran yang sangat penting. Dalam makalah ini, kita akan menjelajahi konsep dan prinsip ESD serta manfaat kolaborasi dengan mitra informal dan non-formal dalam mendukung pencapaian tujuan tersebut. <br/ > <br/ >Konsep dan Prinsip Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD): <br/ >ESD adalah pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk memenuhi tantangan masa depan secara berkelanjutan. Ini melibatkan pemahaman akan isu-isu lingkungan, sosial, ekonomi, dan politik serta kemampuan untuk mengambil tindakan yang berdampak positif pada masyarakat. <br/ > <br/ >Peran Penting Mitra Informal dan Non-Formal dalam Mendukung ESD: <br/ >Mitra informal dan non-formal memiliki peran yang sangat signifikan dalam mendukung pencapaian tujuan ESD. Mereka memberikan akses kepada sumber daya pendidikan yang relevan serta memberikan pengalaman praktis kepada siswa tentang isu-isu berkelanjutan. <br/ > <br/ >Tujuan Kolaborasi dengan Mitra Informal dan Non-Formal: <br/ >Kolaborasi dengan mitra informal dan non-formal memiliki beberapa tujuan utama: <br/ > <br/ >1. Peningkatan Akses Sumber Daya Pendidikan: Kolaborasi ini memastikan bahwa siswa memiliki akses kepada sumber daya pendidikan yang relevan serta praktik-praktik terbaik dalam pembelajaran berkelanjutan. <br/ > <br/ >2. Pengembangan Keterampilan Siswa:** Melibatkan mitra informal dan non-formal membantu siswa mengembangkan keterampilan praktis seperti pemecahan masalah,