Pentingnya Fender Pada Struktur Dermag
Fender adalah komponen penting dalam struktur dermaga yang berfungsi untuk melindungi dermaga dan kapal dari kerusakan saat berlabuh. Fender dapat mengurangi dampak gaya longitudinal dan transversal yang dihasilkan saat kapal bersentuhan dengan dermaga. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa fender sangat penting dalam menjaga keamanan dan integritas struktur dermaga. Gaya longitudinal yang dihasilkan saat kapal bersentuhan dengan dermaga dapat menyebabkan rotasi pada tiang fender dan tiang penyangga secara netral terhadap garis dermaga. Gaya rotasi pada tiang penyangga mencapai maksimum saat kapal bersentuhan dekat ujung dermaga. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan tiang penyangga yang terletak secara longitudinal di kedua ujung struktur dermaga untuk menghindari kerusakan pada tiang fender atau koneksi mereka dengan struktur utama. Kerusakan pada tiang fender atau koneksi mereka dengan struktur utama akibat gaya longitudinal dapat dihindari dengan memasang papan gesek kayu pada permukaan fender. Papan gesek ini akan terlepas saat terjadi benturan yang parah, namun tiang fender akan tetap relatif tidak rusak. Fender karet dirancang untuk membengkok baik secara longitudinal maupun transversal dan mampu menyerap energi benturan dari kedua arah tersebut. Fender yang digantung diberikan kebebasan untuk berayun secara longitudinal dan akan jatuh dengan sendirinya setelah terjadi benturan pertama. Fender juga dapat dilengkapi dengan rol yang dipasang pada poros vertikal untuk mengurangi gaya gesek longitudinal pada struktur. Selain itu, struktur dermaga juga harus dilengkapi dengan fender utama dan fender sekunder. Fender utama ditempatkan pada jarak sekitar 0,3 kali panjang kapal terbesar yang menggunakan dermaga, sedangkan fender sekunder ditempatkan di antara fender utama untuk menampung kapal-kapal yang lebih kecil. Fender utama dan fender sekunder sering ditempatkan di depan platform penanganan selang dan tiang penyangga untuk menyerap benturan kapal tanpa mengirimkan tekanan ke struktur tersebut. Dalam hal breasting dolphins, jenis tiang penyangga yang digunakan tergantung pada kondisi tanah di dasar laut. Jika ada batuan, tanah liat kaku, atau tanah granular yang menawarkan resistensi yang baik terhadap beban lateral, maka tiang penyangga dapat terdiri dari sekelompok tiang baja vertikal berdiameter besar yang terhubung oleh diafragma horizontal. Tiang penyangga ini dilengkapi dengan fender kayu yang dilengkapi dengan blok karet di bagian depannya. Luas permukaan fender harus cukup besar untuk mencegah kerusakan pada lambung kapal akibat beban terkonsentrasi. Anggota penyangga horizontal tidak terhubung secara kaku dengan kelompok tiang. Hal ini bertujuan untuk memungkinkan tiang berdefleksi secara bebas sejauh mungkin saat berfungsi untuk menghentikan kapal. Dalam kasus breasting dolphins di terminal pengisian minyak Abu Dhabi Marine Areas Ltd di Das Island, tiang penyangga terdiri dari kelompok tiang baja tabung vertikal. Dolphin utama terdiri dari sekelompok tujuh tiang, sedangkan dolphin sekunder terdiri dari kelompok tiga tiang. Kondisi di dasar laut, yang terdiri dari lapisan batu kapur berkulit kerang yang dilapisi oleh marl kapur yang kaku dan kemudian batu kapur detrital yang padat, mendukung penggunaan tiang vertikal untuk menyerap gaya berlabuh. Tiang dengan diameter luar 36,6 m (120 ft) ini bervariasi. Dalam kesimpulan, fender adalah komponen penting dalam struktur dermaga yang melindungi dermaga dan kapal dari kerusakan saat berlabuh. Fender dapat mengurangi dampak gaya longitudinal dan transversal yang dihasilkan saat kapal bersentuhan dengan dermaga. Oleh karena itu, penting untuk memasang fender yang sesuai dan mempertimbangkan kondisi tanah di dasar laut untuk menjaga keamanan dan integritas struktur dermaga.