Peran Simbol dan Interaksi dalam Pembentukan Identitas: Sebuah Tinjauan Teori George Herbert Mead

3
(235 votes)

Dalam perjalanan hidup, kita semua berusaha untuk memahami siapa diri kita sebenarnya. Identitas, konsep yang kompleks dan dinamis, terbentuk melalui berbagai faktor, termasuk interaksi sosial dan simbol-simbol yang kita gunakan untuk mendefinisikan diri kita. Teori George Herbert Mead, seorang sosiolog Amerika, memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk memahami bagaimana simbol dan interaksi membentuk identitas kita. Esai ini akan menelusuri pemikiran Mead, mengkaji peran simbol dan interaksi dalam pembentukan identitas, dan mengeksplorasi implikasi teorinya bagi pemahaman kita tentang diri dan masyarakat.

Simbol dan Interaksi dalam Pembentukan Identitas

Mead berpendapat bahwa identitas bukanlah sesuatu yang bawaan, melainkan sesuatu yang dibangun melalui interaksi sosial. Ia menekankan pentingnya "mind", "self", dan "society" dalam proses pembentukan identitas. "Mind" merujuk pada kemampuan manusia untuk berpikir, merenung, dan bereaksi terhadap lingkungan. "Self" adalah konsep diri yang berkembang melalui interaksi sosial, sementara "society" adalah lingkungan sosial yang membentuk dan memengaruhi "self".

Simbol memainkan peran penting dalam interaksi sosial dan pembentukan identitas. Simbol adalah objek, tindakan, atau tanda yang memiliki makna bersama bagi anggota suatu kelompok. Melalui simbol, kita dapat berkomunikasi, berbagi makna, dan membangun pemahaman bersama. Misalnya, bendera nasional adalah simbol yang mewakili identitas nasional, sementara seragam sekolah adalah simbol yang mewakili identitas kelompok siswa.

Tahapan Perkembangan Identitas

Mead mengidentifikasi dua tahap utama dalam perkembangan identitas: tahap "play" dan tahap "game". Pada tahap "play", anak-anak belajar untuk mengambil peran orang lain, seperti bermain "ibu-ibu" atau "dokter-dokter". Melalui permainan ini, anak-anak mulai memahami perspektif orang lain dan mengembangkan kemampuan untuk berempati.

Pada tahap "game", anak-anak mulai memahami aturan dan peran yang kompleks dalam masyarakat. Mereka belajar untuk mengambil peran yang terstruktur dan berinteraksi dengan orang lain berdasarkan aturan-aturan tersebut. Misalnya, dalam permainan sepak bola, anak-anak harus memahami peran masing-masing pemain dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

"Generalized Other" dan Identitas

Konsep "generalized other" adalah konsep kunci dalam teori Mead. "Generalized other" merujuk pada pandangan kolektif masyarakat tentang perilaku yang diharapkan dan norma-norma sosial. Melalui interaksi dengan "generalized other", kita belajar untuk memahami peran dan harapan sosial yang terkait dengan identitas kita.

Misalnya, seorang siswa yang ingin menjadi dokter akan belajar tentang peran dan harapan sosial yang terkait dengan profesi tersebut. Mereka akan belajar tentang norma-norma etika, pengetahuan medis, dan perilaku yang diharapkan dari seorang dokter. Melalui interaksi dengan "generalized other", siswa tersebut akan membentuk identitas sebagai calon dokter.

Implikasi Teori Mead

Teori Mead memiliki implikasi penting bagi pemahaman kita tentang identitas dan masyarakat. Pertama, teori ini menekankan bahwa identitas bukanlah sesuatu yang statis, melainkan sesuatu yang dinamis dan terus berkembang. Identitas kita dipengaruhi oleh interaksi sosial dan simbol-simbol yang kita gunakan untuk mendefinisikan diri kita.

Kedua, teori Mead menunjukkan bahwa identitas adalah produk sosial. Identitas kita terbentuk melalui interaksi dengan orang lain dan melalui pemahaman kita tentang norma-norma sosial. Kita tidak dapat memahami identitas tanpa memahami konteks sosial di mana identitas tersebut terbentuk.

Ketiga, teori Mead menyoroti pentingnya simbol dalam pembentukan identitas. Simbol memberikan makna dan struktur bagi interaksi sosial kita, dan mereka membantu kita untuk memahami peran dan harapan sosial yang terkait dengan identitas kita.

Kesimpulan

Teori George Herbert Mead memberikan kerangka kerja yang berharga untuk memahami bagaimana simbol dan interaksi membentuk identitas kita. Melalui interaksi sosial, kita belajar untuk mengambil peran orang lain, memahami norma-norma sosial, dan mengembangkan konsep diri yang unik. Simbol memainkan peran penting dalam proses ini, memberikan makna dan struktur bagi interaksi sosial kita. Teori Mead menekankan bahwa identitas bukanlah sesuatu yang statis, melainkan sesuatu yang dinamis dan terus berkembang, dipengaruhi oleh konteks sosial dan interaksi kita dengan orang lain.