RPPH Terpadu untuk Pembelajaran Seni di Usia PAUD

4
(245 votes)

Pendahuluan: RPPH terpadu adalah alat yang penting dalam pembelajaran seni bagi anak-anak di usia PAUD. Ini membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Artikel ini akan membahas komponen-komponen yang harus ada dalam RPPH terpadu untuk pembelajaran seni di usia PAUD. Bagian: ① Identitas RPPH: Setiap RPPH harus mencakup identitas yang jelas, termasuk nama guru, nama sekolah, kelas, dan tanggal. ② Tema/Sub tema Pembelajaran: RPPH terpadu harus mencakup tema atau sub tema pembelajaran yang relevan dengan seni, seperti musik, nyanyi, tari, dan rupa. ③ KD yang Digunakan: RPPH terpadu harus mencantumkan kompetensi dasar (KD) yang akan dicapai dalam pembelajaran seni. ④ Tujuan Pembelajaran: RPPH terpadu harus mencantumkan tujuan pembelajaran yang spesifik dan terukur untuk setiap kegiatan pembelajaran. ⑤ Materi Pembelajaran: RPPH terpadu harus mencakup materi pembelajaran yang sesuai dengan seni, seperti musik, nyanyi, tari, dan rupa. ⑥ Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: RPPH terpadu harus merencanakan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang terstruktur, termasuk pembukaan, inti (minimal 3 kegiatan utama), istirahat, dan penutup. ⑦ Rencana Penilaian Seni: RPPH terpadu harus mencakup rencana penilaian yang sesuai dengan seni, seperti musik, nyanyi, tari, dan rupa. Kesimpulan: RPPH terpadu adalah alat yang penting dalam pembelajaran seni di usia PAUD. Dengan memperhatikan komponen-komponen yang telah disebutkan di atas, guru dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran seni yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak di usia PAUD.