Apa yang Membuat Agus Comte Menjadi Pendiri Ilmu Sosiologi?

4
(263 votes)

Pendahuluan: Agus Comte, seorang filsuf dan ilmuwan sosial Prancis, adalah pendiri ilmu sosiologi modern. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa yang memotivasi Comte untuk mendirikan bidang studi yang sangat berpengaruh ini. Bagian 1: Kegelisahan Comte Comte, yang lahir pada tahun 1798, awalnya tertarik pada filsafat dan ilmu pengetahuan. Namun, ia menjadi semakin frustasi dengan kurangnya metode ilmiah dalam studi sosial. Ia percaya bahwa studi sosial membutuhkan pendekatan yang lebih sistematis dan ilmiah, seperti yang digunakan dalam ilmu alam. Bagian 2: Mencari Metode Ilmiah untuk Studi Sosial Untuk mencari metode ilmiah untuk studi sosial, Comte beralih ke ilmuwan sosial Prancis lainnya, seperti Auguste Comte dan Emile Durkheim. Ia belajar dari mereka dan mengembangkan pendekatan yang lebih sistematis dan ilmiah untuk studi sosial. Bagian 3: Membentuk Ilmu Sosiologi Pada tahun 1830-an, Comte memulai mengajar di Sorbonne, di mana ia mengajarkan kursus sosiologi pertama di Prancis. Ia juga mendirikan jurnal sosiologi, Revue d'histoire et de littérature religieuses, yang menjadi platform untuk membagikan pengetahuannya dan mengajarkan metode ilmiah baru untuk studi sosial. Bagian 4: Mempromosikan Metode Ilmiah dalam Studi Sosial Comte mempromosikan metode ilmiah dalam studi sosial dengan mengajarkan metode ilmiah baru kepada mahasiswa dan mengajarkan mereka bagaimana menerapkannya dalam penelitian mereka sendiri. Ia juga menulis beberapa buku tentang metode ilmiah dalam studi sosial, termasuk "Cours de philosophie positive" (1822) dan "Système de politique positive" (1851). Kesimpulan: Agus Comte adalah pendiri ilmu sosiologi modern karena kegelisahannya terhadap kurangnya metode ilmiah dalam studi sosial dan keinginannya untuk mencari metode ilmiah baru untuk mempelajari masyarakat. Ia mengajarkan metode ilmiah baru kepada mahasiswa dan mengajarkan mereka bagaimana menerapkannya dalam penelitian mereka sendiri, mempromosikan metode ilmiah dalam studi sosial.