Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPA
Pendahuluan: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa. Tahap perencanaan melibatkan penyusunan instrumen penelitian dan penerapan metode diskusi kelompok. Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan menyampaikan materi bagian-bagian akar dan fungsinya. Bagian: ① Perencanaan Tindakan: Tahap perencanaan melibatkan penyusunan instrumen penelitian dan penerapan metode diskusi kelompok. Instrumen yang dipersiapkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal lembar kerja siswa, soal evaluasi, dan lembar observasi. ② Pelaksanaan Tindakan: Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan menyampaikan materi bagian-bagian akar dan fungsinya. Siklus I terdiri dari satu kali tatap muka dengan alokasi waktu 2 x 35 menit. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan sesuai dengan RPP yang sudah dibuat. ③ Observasi dan Evaluasi: Observasi aktivitas siswa dilakukan melalui lembar observasi, sedangkan ketuntasan belajar siswa dievaluasi pada akhir pembelajaran. Kesimpulan: Penelitian Tindakan Kelas dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa melalui perencanaan tindakan yang melibatkan metode diskusi kelompok dan pelaksanaan tindakan yang menyampaikan materi secara efektif. Observasi dan evaluasi digunakan untuk mengukur hasil dari tindakan yang dilakukan.