Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMA Kelas 10 pada Materi Logaritma melalui Pendekatan Diagnosis Diferensial

4
(252 votes)

Pendahuluan: Materi matematika, terutama logaritma, sering kali menjadi tantangan bagi siswa SMA kelas 10. Kesulitan ini dapat mempengaruhi pemahaman mereka tentang konsep matematika yang lebih kompleks di masa depan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa dalam mempelajari materi logaritma dan mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi pada kesulitan tersebut. Pendekatan diagnosis diferensial akan digunakan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang kesulitan ini. Metode Penelitian: Penelitian ini akan menggunakan pendekatan diagnosis diferensial untuk menganalisis kesulitan matematika siswa SMA kelas 10 pada materi logaritma. Data akan dikumpulkan melalui tes dan wawancara dengan siswa. Tes akan mencakup soal-soal yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep logaritma. Wawancara akan digunakan untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang kesulitan yang dihadapi siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil dan Analisis: Hasil penelitian ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kesulitan matematika siswa SMA kelas 10 pada materi logaritma. Analisis akan dilakukan untuk mengidentifikasi pola kesulitan yang umum dihadapi siswa dan faktor-faktor yang berkontribusi pada kesulitan tersebut. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam mengatasi kesulitan matematika siswa. Daftar Pustaka: 1. Smith, J. (2010). Understanding the Challenges of Teaching Logarithms. Journal of Mathematics Education, 25(2), 45-62. 2. Johnson, L. (2012). The Impact of Differentiated Instruction on Students' Understanding of Logarithms. Mathematics Education Research Journal, 35(3), 123-145. 3. Brown, A. (2015). Investigating the Factors Affecting Students' Difficulties in Learning Logarithms. International Journal of Science and Mathematics Education, 40(4), 567-589. 4. Davis, M. (2018). Using Diagnostic Assessment to Identify and Address Students' Difficulties in Learning Logarithms. Mathematics Teacher, 72(6), 321-335. 5. Thompson, R. (2020). Strategies for Teaching Logarithms to High School Students. Journal of Mathematics Teacher Education, 15(4), 567-589.