Bromo, Si Guru Sosiologi yang Tak Pernah Mau Ikut Bermain **

4
(245 votes)

** Bromo, guru sosiologi yang terkenal dengan sifatnya yang dingin dan pemarah, kembali menunjukkan sikapnya yang tak terduga. Saat rapat para guru membahas perayaan ulang tahun sekolah, Bromo dengan lantang menolak untuk terlibat. Baginya, perayaan itu adalah pemborosan waktu dan bukan tanggung jawabnya. Ia lebih memilih untuk fokus pada tugasnya mengajar dan menghindari drama yang menurutnya tak penting. Sikap Bromo ini membuat para guru lain kesal. Mereka menganggap Bromo bersikap egois dan tak peduli dengan semangat kebersamaan. Namun, Bromo tetap bersikeras pada pendiriannya. Ia merasa bahwa perayaan ulang tahun sekolah hanya akan mengacaukan jadwal pelajaran dan membahayakan para siswa. Kecemasan Bromo terbukti benar. Saat para guru meninggalkan kelas untuk rapat, kelas 11R, yang terkenal dengan tingkah lakunya yang nakal, meledakkan bahan kimia di laboratorium. Ledakan itu mengguncang seluruh sekolah dan membuat para guru panik. Bromo, yang menyaksikan kejadian itu dari kejauhan, hanya menggelengkan kepala. Ia merasa bahwa kejadian ini adalah bukti nyata bahwa para siswa kelas 11R tidak bisa diandalkan dan berbahaya. Ia pun kembali menegaskan pendiriannya untuk tidak ikut campur dalam urusan sekolah. Namun, di balik sikap dingin dan sinisnya, Bromo sebenarnya menyimpan rasa peduli yang tersembunyi. Ia khawatir dengan keselamatan para siswa, meskipun ia tak pernah mau menunjukkannya secara langsung. Ia memilih untuk menunjukkan kepeduliannya dengan cara yang berbeda, yaitu dengan fokus pada tugasnya mengajar dan memastikan bahwa para siswa mendapatkan pendidikan yang layak. Kejadian ini membuat Bromo merenung. Ia menyadari bahwa meskipun ia tak suka terlibat dalam drama sekolah, ia tetap bertanggung jawab atas keselamatan para siswa. Ia pun mulai berpikir untuk mengubah sikapnya dan lebih aktif dalam kegiatan sekolah, meskipun hanya dalam bentuk yang kecil. Bromo mulai mencoba untuk lebih memahami para siswa dan mencari cara untuk membantu mereka. Ia menyadari bahwa para siswa kelas 11R sebenarnya hanya butuh bimbingan dan perhatian. Ia pun mulai meluangkan waktu untuk berbicara dengan mereka dan membantu mereka menyelesaikan masalah mereka. Perlahan tapi pasti, Bromo mulai diterima oleh para siswa. Mereka menyadari bahwa di balik sikap dinginnya, Bromo sebenarnya adalah seorang guru yang peduli dengan mereka. Bromo pun mulai merasa lebih bahagia dan merasa bahwa ia telah menemukan makna baru dalam pekerjaannya sebagai guru.