Menggunakan Prinsip UbD untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menantang di Kelas

4
(266 votes)

Sebagai seorang guru, saya percaya bahwa salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh siswa adalah kurangnya motivasi dan keterlibatan dalam kelas. Untuk mengatasi masalah ini, saya telah mengadopsi prinsip UbD (Understood by Design) dalam merencanakan pembelajaran saya. Prinsip-prinsip ini telah membantu saya menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan menantang bagi siswa saya. Prinsip UbD berfokus pada memahami kebutuhan dan keinginan siswa sebelum merencanakan pembelajaran. Dengan melakukan ini, saya dapat memastikan bahwa materi yang saya presentasikan relevan dan menarik bagi siswa saya. Selain itu, prinsip-prinsip ini juga membantu saya menciptakan tugas dan aktivitas yang lebih menantang dan memprovokasi pemikiran kritis. Dengan menerapkan prinsip-prinsip UbD, saya telah melihat peningkatan signifikan dalam keterlibatan dan motivasi siswa saya. Mereka lebih cenderung terlibat dalam kelas dan lebih cenderung mengambil tugas dan aktivitas yang saya presentasikan. Prinsip-prinsip ini juga telah membantu saya menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan mendukung bagi siswa dengan kebutuhan yang berbeda. Secara keseluruhan, saya sangat merekomendasikan prinsip-prinsip UbD kepada rekan-rekan guru lainnya yang ingin menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan menantang bagi siswa mereka. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, saya telah dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam kelas saya dan membantu siswa saya mencapai potensi penuh mereka.