Pemahaman tentang Pembelajaran Terpadu dalam Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013

4
(179 votes)

Pendahuluan Pada artikel ini, kita akan membahas tentang pembelajaran terpadu dalam kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. Pembelajaran terpadu adalah pendekatan yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema atau topik tertentu. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang hubungan antara berbagai konsep dan mendorong penerapan pengetahuan dalam konteks kehidupan nyata. Pemahaman tentang Pembelajaran Terpadu dalam Kurikulum KTSP Kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) adalah kurikulum yang digunakan di Indonesia sebelum diperkenalkannya kurikulum 2013. Dalam kurikulum KTSP, pembelajaran terpadu diterapkan melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran dalam satu tema atau proyek. Misalnya, dalam pembelajaran tentang lingkungan hidup, siswa dapat mempelajari konsep-konsep dari mata pelajaran seperti ilmu pengetahuan alam, matematika, dan bahasa Indonesia secara terpadu. Pendekatan ini membantu siswa untuk melihat hubungan antara berbagai konsep dan menerapkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari. Pemahaman tentang Pembelajaran Terpadu dalam Kurikulum 2013 Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang diperkenalkan di Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam kurikulum 2013, pembelajaran terpadu juga menjadi salah satu pendekatan yang diterapkan. Namun, pendekatan pembelajaran terpadu dalam kurikulum 2013 lebih menekankan pada pengembangan kompetensi siswa. Dalam pembelajaran terpadu, siswa tidak hanya mempelajari konsep-konsep dari beberapa mata pelajaran, tetapi juga mengembangkan keterampilan dan sikap yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dalam pembelajaran tentang kebersihan lingkungan, siswa tidak hanya mempelajari konsep-konsep dari mata pelajaran seperti ilmu pengetahuan alam dan bahasa Indonesia, tetapi juga mengembangkan keterampilan dalam menjaga kebersihan lingkungan dan sikap peduli terhadap lingkungan. Pendekatan yang Digunakan dalam Pembelajaran Terpadu Dalam pembelajaran terpadu, ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan. Salah satu pendekatan yang umum digunakan adalah pendekatan proyek. Dalam pendekatan proyek, siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan proyek yang melibatkan beberapa mata pelajaran. Misalnya, siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk membuat kampanye tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Dalam proyek ini, siswa akan mempelajari konsep-konsep dari mata pelajaran seperti ilmu pengetahuan alam, bahasa Indonesia, dan matematika, serta mengembangkan keterampilan dalam berkomunikasi, bekerja sama, dan berpikir kritis. Kesimpulan Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang hubungan antara berbagai konsep dan mendorong penerapan pengetahuan dalam konteks kehidupan nyata. Dalam kurikulum KTSP dan kurikulum 2013, pembelajaran terpadu diterapkan melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran dalam satu tema atau proyek. Pendekatan proyek adalah salah satu pendekatan yang umum digunakan dalam pembelajaran terpadu. Dengan menggunakan pendekatan ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan dan sikap yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.