Efektivitas Pendekatan JAS dan Metode Karya Wisata terhadap Hasil Belajar Siswa **

4
(307 votes)

Pendahuluan: Artikel ini membahas hasil penelitian mengenai efektivitas pendekatan JAS dan metode karya wisata terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMPN 7 Tempunak. Bagian:Hasil Pretest: Hasil pretest menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan JAS dan metode karya wisata dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. ② Hasil Posttest: Hasil posttest menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan JAS dan metode karya wisata dengan kelas kontrol. ③ Analisis Effect Size: Analisis effect size menunjukkan bahwa pendekatan JAS dan metode karya wisata memiliki efek yang tinggi terhadap hasil belajar siswa. ④ Tanggapan Siswa: Tanggapan siswa terhadap pendekatan JAS dan metode karya wisata sangat baik, dengan rata-rata persentase sebesar 96,5% dan 91,0% masing-masing. Kesimpulan:** Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan JAS dan metode karya wisata efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan. Kedua pendekatan ini juga mendapatkan respon positif dari siswa.