Faktor Pendukung dalam Membentuk Nilai Mandiri dalam Ekstrakurikuler Pramuk
Faktor pendukung dalam membentuk nilai mandiri dalam ekstrakurikuler Pramuka dapat dibagi menjadi faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari pembina Pramuka dan siswa. Pembina Pramuka memainkan peran penting dalam membentuk nilai mandiri dalam ekstrakurikuler Pramuka. Seorang pembina Pramuka yang mahir, setelah menjalani Kursus Kemadirian Dasar (KMD) dan memiliki pengalaman yang banyak, dapat memberikan warna dan keberagaman dalam kegiatan Pramuka yang dilaksanakan. Pembina Pramuka yang berasal dari internal guru sekolah memiliki keuntungan karena mereka dapat lebih memahami karakter anak-anak, karena mereka bertemu dengan anak-anak setiap hari melalui kegiatan pagi dan sore hari. Selain itu, faktor dari anak sebagai anggota Pramuka juga berperan penting dalam membentuk nilai mandiri. Anak-anak yang antusias mengikuti latihan Pramuka, memiliki semangat untuk mengasah kemampuan, dan berani menjadikan nilai-nilai karakter mandiri dapat dibentuk dengan baik. Mereka memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dan berkembang dalam lingkungan Pramuka. Dengan adanya faktor pendukung ini, nilai mandiri dalam ekstrakurikuler Pramuka dapat terwujud dengan baik. Pembina Pramuka yang mahir dan siswa yang antusias akan saling mendukung dalam membentuk karakter mandiri yang kuat. Hal ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi siswa, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di masa depan. Dalam kesimpulan, faktor pendukung dalam membentuk nilai mandiri dalam ekstrakurikuler Pramuka terdiri dari pembina Pramuka yang mahir dan siswa yang antusias. Kedua faktor ini saling mendukung dan berperan penting dalam membentuk karakter mandiri yang kuat. Dengan adanya faktor pendukung ini, nilai mandiri dalam ekstrakurikuler Pramuka dapat terwujud dengan baik dan memberikan manfaat jangka panjang bagi siswa.