Pengaruh Penggunaan Media Canva terhadap Hasil Belajar Siswa: Sebuah Kajian Pustak

4
(24 votes)

Pendahuluan: Dalam era digital saat ini, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi yang semakin populer adalah media Canva, sebuah platform desain grafis yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis konten visual dengan mudah. Dalam konteks pendidikan, penggunaan media Canva telah menjadi perhatian utama, terutama dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Artikel ini akan melakukan kajian pustaka untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media Canva terhadap hasil belajar siswa. Pengertian Media Canva: Media Canva adalah sebuah platform desain grafis yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis konten visual seperti poster, presentasi, infografis, dan lain sebagainya. Dengan antarmuka yang intuitif dan berbagai fitur yang tersedia, media Canva telah menjadi alat yang populer di kalangan guru dan siswa dalam menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pengaruh Penggunaan Media Canva terhadap Hasil Belajar Siswa: Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penggunaan media Canva dalam pembelajaran telah terbukti memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Salah satu alasan utama adalah kemampuan media Canva untuk memvisualisasikan konsep-konsep abstrak menjadi gambar yang lebih mudah dipahami oleh siswa. Dalam pembelajaran matematika, misalnya, penggunaan media Canva dapat membantu siswa memahami konsep-konsep seperti grafik, diagram, dan persamaan matematika dengan lebih baik. Selain itu, penggunaan media Canva juga dapat meningkatkan kreativitas siswa. Dalam proses pembuatan konten visual, siswa dapat menggabungkan teks, gambar, dan elemen desain lainnya untuk menciptakan karya yang unik dan menarik. Hal ini dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan minat mereka terhadap materi yang diajarkan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan media Canva bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor-faktor lain seperti kompetensi guru, motivasi siswa, dan lingkungan belajar juga memiliki peran yang signifikan. Oleh karena itu, penggunaan media Canva harus diintegrasikan dengan baik dalam strategi pembelajaran yang komprehensif. Kesimpulan: Dalam kajian pustaka ini, telah terungkap bahwa penggunaan media Canva memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Dengan kemampuannya untuk memvisualisasikan konsep-konsep abstrak dan meningkatkan kreativitas siswa, media Canva dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan media Canva harus diintegrasikan dengan baik dalam strategi pembelajaran yang komprehensif.