Konsep Belajar Menurut Bloom dalam Pembelajaran IPA
Pendahuluan: Konsep belajar menurut Bloom adalah perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan pengalaman dan praktik tertentu. Dalam pembelajaran IPA, tujuan pendidikan harus sesuai dengan dimensi kognitif dan pengetahuan yang dikemukakan oleh Bloom. Bagian: ① Perumusan Tujuan Pembelajaran: Tujuan pendidikan dalam pembelajaran IPA harus sesuai dengan taksonomi Bloom, yang mencakup dimensi kognitif dan pengetahuan. Tujuan pendidikan yang jelas akan membantu guru dalam merencanakan pembelajaran dan asesmen. ② Jenis-jenis Tujuan Pembelajaran: Terdapat berbagai jenis tujuan pembelajaran yang membutuhkan pendekatan pembelajaran yang berbeda. Aktivitas belajar, materi pembelajaran, serta peran guru dan peserta didik dapat berbeda-beda tergantung pada jenis tujuan pembelajaran yang ditetapkan. ③ Konsep Belajar dan Perubahan Perilaku: Konsep belajar menurut beberapa ahli adalah proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan pengalaman dan praktik tertentu. Perubahan perilaku ini harus didasarkan pada tujuan yang telah ditetapkan dalam indikator pencapaian. Strategi belajar yang tepat akan mempermudah pencapaian tujuan belajar tersebut. Kesimpulan: Konsep belajar menurut Bloom sangat relevan dalam pembelajaran IPA. Perumusan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan taksonomi Bloom akan membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang efektif dan asesmen yang akurat.