Membuat Sprite Bola Bergerak dan Memantul di Unity
Unity adalah salah satu platform pengembangan permainan yang populer dan kuat. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana membuat sprite bola bergerak terus dan memantul saat mencapai pembatas di Unity. Langkah pertama dalam membuat sprite bola bergerak adalah dengan membuat objek bola di Unity. Untuk melakukannya, buka Unity dan buat proyek baru. Kemudian, buat objek bola dengan mengklik kanan di hierarki dan memilih "Create Empty". Beri nama objek tersebut "Bola". Selanjutnya, tambahkan komponen Rigidbody2D ke objek bola. Komponen ini akan memberikan fisika pada bola sehingga dapat bergerak. Pilih objek bola di hierarki, lalu di Inspector, klik tombol "Add Component" dan cari "Rigidbody2D". Klik pada komponen tersebut untuk menambahkannya ke objek bola. Setelah itu, tambahkan komponen Sprite Renderer ke objek bola. Komponen ini akan menampilkan sprite bola di layar. Pilih objek bola di hierarki, lalu di Inspector, klik tombol "Add Component" dan cari "Sprite Renderer". Klik pada komponen tersebut untuk menambahkannya ke objek bola. Selanjutnya, tambahkan sprite bola ke komponen Sprite Renderer. Untuk melakukannya, klik pada komponen Sprite Renderer di Inspector, lalu klik pada kotak kosong di sebelah "Sprite". Pilih sprite bola yang ingin digunakan dari folder Assets. Setelah sprite bola ditambahkan, atur ukuran dan posisi objek bola sesuai keinginan. Anda dapat melakukannya dengan mengubah nilai-nilai Transform di Inspector. Misalnya, Anda dapat mengubah nilai X dan Y untuk mengatur posisi bola di layar. Setelah objek bola siap, kita dapat membuat script untuk membuat bola bergerak. Buatlah script baru dengan mengklik kanan di folder Assets, pilih "Create" dan pilih "C# Script". Beri nama script tersebut "GerakBola". Buka script "GerakBola" dan tambahkan kode berikut: ```csharp using UnityEngine; public class GerakBola : MonoBehaviour { public float kecepatan = 5f; private Rigidbody2D rb; void Start() { rb = GetComponent <Rigidbody2D >(); rb.velocity = new Vector2(kecepatan, 0); } void Update() { if (transform.position.x >= 10f || transform.position.x <= -10f) { rb.velocity = new Vector2(-rb.velocity.x, 0); } } } ``` Kode di atas akan membuat bola bergerak dengan kecepatan yang ditentukan di variabel "kecepatan". Pada method Start, kita mendapatkan komponen Rigidbody2D dari objek bola dan mengatur kecepatan awalnya. Pada method Update, kita memeriksa apakah posisi bola mencapai pembatas di X (10 atau -10). Jika iya, kita membalik arah kecepatan bola dengan mengubah nilai X pada vektor kecepatan. Setelah script selesai, tambahkan script "GerakBola" ke objek bola. Pilih objek bola di hierarki, lalu di Inspector, klik tombol "Add Component" dan cari "GerakBola". Klik pada script tersebut untuk menambahkannya ke objek bola. Sekarang, jika Anda menjalankan permainan, bola akan bergerak terus dan memantul saat mencapai pembatas di Unity. Dalam artikel ini, kita telah membahas bagaimana membuat sprite bola bergerak terus dan memantul saat mencapai pembatas di Unity. Dengan menggunakan komponen Rigidbody2D dan script yang tepat, kita dapat membuat permainan yang menarik dan dinamis.