Fase Desain Produk dalam Pengembangan Produk Baru
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah c. Desain produk. Fase pengembangan produk baru yang secara fisik mendesain produk agar memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus spesifikasi teknis disebut fase desain produk. Fase ini merupakan tahap krusial setelah riset pasar dan perencanaan produk telah dilakukan. Pada tahap ini, ide-ide dan konsep yang telah dirumuskan diwujudkan dalam bentuk desain fisik yang terukur dan teruji. Desain produk yang baik akan mempertimbangkan ergonomi, estetika, fungsionalitas, dan biaya produksi, memastikan produk tersebut tidak hanya menarik bagi konsumen tetapi juga layak secara ekonomis untuk diproduksi. Keberhasilan produk di pasaran sangat bergantung pada kualitas desain produk yang matang dan terencana dengan baik. Oleh karena itu, fase ini membutuhkan keahlian dan kreativitas yang tinggi dari tim desain. Membayangkan produk yang siap dipasarkan setelah melewati tahap ini memberikan kepuasan tersendiri dan semangat untuk melanjutkan proses pengembangan produk hingga peluncurannya.