Latihan Soal Persiapan SAS

4
(304 votes)

Pendahuluan: Latihan soal ini dirancang untuk membantu siswa mempersiapkan diri untuk ujian SAS. Soal-soal ini mencakup berbagai topik matematika yang relevan dan akan membantu siswa mengasah kemampuan mereka dalam memecahkan masalah matematika. Bagian: ① Soal 1: Menghitung hasil dari \( \left(\frac{1}{3}\right)^{5} \) ② Soal 2: Menghitung hasil dari \( 3 a^{3} \times 81 a^{4} \) ③ Soal 3: Menghitung nilai dari \( (x y)^{3} \) jika diketahui \( x=5 \) dan \( y=3 \) ④ Soal 4: Mencari nilai \( x \) dari persamaan \( 2^{3 x-1}=32 \) ⑤ Soal 5: Menyederhanakan bentuk \( \frac{\left(4 a^{2} b^{3}\right)^{2}}{2 a^{3} b} \) ⑥ Soal 6: Menyederhanakan bentuk \( \left(\frac{9 a^{2} b^{-1} c^{3}}{18 a^{-1} b^{2} c^{2}}\right)^{-1} \) ⑦ Soal 7: Menentukan waktu tepat ketika populasi bakteri mencapai 32.000 ekor jika pada pukul 08.30 populasi bakteri adalah 1.000 ekor dan setiap jam jumlahnya bertambah dua kali lipat ⑧ Soal 8: Menyederhanakan bentuk \( 3 \sqrt{3}+\sqrt{18}-\sqrt{32}+5 \sqrt{3}+\sqrt{12} \) ⑨ Soal 9: Menyederhanakan bentuk \( \frac{4}{3+\sqrt{5}} \) ⑩ Soal 10: Menghitung beda barisan aritmatika dengan \( U n=10-4 n \) ⑪ Soal 11: Menentukan suku ke-15 dari barisan aritmatika \( 3,5,7,9, \ldots \) ⑫ Soal 12: Menentukan nilai suku tengah dari barisan aritmatika dengan suku pertama 4, suku terakhir 20, dan jumlah suku ganjil ⑬ Soal 13: Menentukan suku ke-n dari barisan bilangan \( 5,7,9,11, \ldots \) ⑭ Soal 14: Menghitung jumlah dua puluh suku pertama deret aritmatika dengan \( b=3 \) dan \( U 5=15 \) ⑮ Soal 15: Menentukan rasio barisan geometri dengan \( \cup 4=16 \) dan \( \cup 7=128 \) ⑯ Soal 16: Menentukan rumus suku ke-n dari barisan geometri \( 1,3,9, \ldots \) ⑰ Soal 17: Menentukan jumlah sel setelah 1 jam 20 menit jika sebuah sel membelah diri menjadi lima setiap 20 menit dan awalnya terdapat 2 sel ⑱ Soal 18: Menentukan nilai dari \( 3 x-y+z \) dalam sistem persamaan linear tiga variabel Kesimpulan: Latihan soal ini akan membantu siswa mempersiapkan diri untuk ujian SAS dengan mengasah kemampuan mereka dalam memecahkan masalah matematika.