Pembelajaran IPS Secara Bertahap dan Berkesinambungan
Pendahuluan: Pembelajaran IPS dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Bagian: ① Bagian pertama: Objek formal pembelajaran IPS dimulai dari keluarga, tetangga, kampung desa, kecamatan, kabupaten, provinsi. ② Bagian kedua: Objek material pembelajaran IPS meliputi aspek-aspek kehidupan sosial ekonomi, budaya, sejarah, geografi, politik, tata negara. ③ Bagian ketiga: Penentuan bobot luas dan kedalaman materi IPS disesuaikan dengan perkembangan sikap dan kemampuan peserta didik. ④ Bagian keempat: Ragam pembelajaran IPS disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik di lingkungan keluarga dan sekitar mereka. Kesimpulan: Proses pembelajaran IPS dapat dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan melalui pendekatan metode interaktif seperti tanya jawab, diskusi simulasi, inquiry, sosiodrama.