Menentukan Banyaknya Cara Siswa Memilih Soal
Dalam konteks ini, kita diminta untuk menentukan banyaknya cara siswa dapat memilih 4 soal dari 6 soal yang tersedia. Ini adalah masalah kombinasi, di mana urutan pilihan tidak penting. Dalam matematika, kombinasi dari n objek yang diambil k pada satu waktu, ditulis sebagai C(n, k) atau nCk, dan dihitung dengan rumus n! / (k!(n-k)!), di mana n! berarti "n faktorial" dan merupakan hasil kali semua bilangan bulat positif hingga n. Dalam hal ini, kita ingin menemukan C(6, 4), yang berarti kita memilih 4 soal dari 6. Menggunakan rumus kombinasi, kita dapat menghitung C(6, 4) sebagai berikut: C(6, 4) = 6! / (4!(6-4)!) = 6! / (4!2!) = (6 * 5) / (2 * 1) = 15 Jadi, ada 15 cara berbeda bagi siswa untuk memilih 4 soal dari 6 yang tersedia. Ini menunjukkan bahwa siswa memiliki beberapa pilihan dalam memilih soal, tetapi jumlah pilihan tersebut terbatas oleh jumlah total soal yang tersedia. Penting bagi siswa untuk mempertimbangkan dengan hati-hati pilihan mereka agar dapat memaksimalkan nilai mereka dalam ujian.