RPP Tematik Kelas 4: Menjembatani Kesenjangan Pembelajaran

4
(196 votes)

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi guru untuk merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Salah satu bentuknya adalah dengan menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik. RPP Tematik Kelas 4 dirancang untuk mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu tema besar, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan kontekstual. Penerapan RPP Tematik ini diharapkan dapat menjembatani kesenjangan pembelajaran yang mungkin terjadi di kelas.

Menyusun RPP Tematik yang Responsif

RPP Tematik Kelas 4 yang efektif adalah yang responsif terhadap kebutuhan belajar peserta didik. Guru perlu melakukan asesmen diagnostik di awal pembelajaran untuk mengidentifikasi gaya belajar, minat, dan kebutuhan belajar setiap peserta didik. Berdasarkan data tersebut, guru dapat menentukan tema yang relevan, tujuan pembelajaran yang terukur, dan metode pembelajaran yang bervariasi.

Pemanfaatan Sumber Belajar yang Beragam

RPP Tematik Kelas 4 mendorong penggunaan sumber belajar yang beragam, tidak hanya terbatas pada buku teks. Guru dapat memanfaatkan lingkungan sekitar, media digital, maupun narasumber ahli sebagai sumber belajar. Pemanfaatan sumber belajar yang beragam ini akan memperkaya pengalaman belajar peserta didik dan membuat pembelajaran lebih menarik.

Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Setiap Peserta Didik

Kesenjangan pembelajaran seringkali terjadi karena adanya perbedaan kemampuan dan kecepatan belajar di antara peserta didik. Untuk mengatasinya, RPP Tematik Kelas 4 mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi. Guru memberikan materi dan tugas yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik. Dengan demikian, setiap peserta didik dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan kemampuannya masing-masing.

Penilaian Autentik yang Berkelanjutan

Penilaian dalam RPP Tematik Kelas 4 tidak hanya berfokus pada hasil belajar, tetapi juga pada proses belajar peserta didik. Guru menggunakan berbagai metode penilaian autentik, seperti portofolio, proyek, dan presentasi. Penilaian dilakukan secara berkala untuk memantau perkembangan belajar peserta didik dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

Penerapan RPP Tematik Kelas 4 merupakan salah satu upaya dalam menjembatani kesenjangan pembelajaran. Dengan RPP Tematik yang responsif, pemanfaatan sumber belajar yang beragam, pembelajaran berdiferensiasi, dan penilaian autentik, diharapkan setiap peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang secara optimal.