Keterampilan Membaca dan Bertanya dalam Meningkatkan Pemahaman Sisw
Pendahuluan: Keterampilan membaca dan bertanya adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk memperoleh informasi dari buku teks. Garvey and Krug (1977) mengidentifikasi lima jenis keterampilan yang terkait dengan memperoleh informasi ini. Bagian: ① Keterampilan Menganalisis dan Mengkritisi: Siswa perlu belajar bagaimana menganalisis dan mengkritisi informasi yang mereka baca. Ini akan membantu mereka mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik yang sedang dipelajari. ② Keterampilan Pemahaman: Siswa juga perlu mengembangkan keterampilan pemahaman yang kuat. Ini melibatkan kemampuan mereka untuk memahami makna kata-kata dan kalimat, serta hubungan antara ide-ide yang disajikan dalam teks. ③ Keterampilan Merujuk: Keterampilan merujuk adalah kemampuan siswa untuk mencari informasi tambahan dari sumber lain. Ini membantu mereka memperluas pemahaman mereka tentang topik yang sedang dipelajari dan mengembangkan keterampilan penelitian yang kuat. ④ Keterampilan Membuat Catatan: Siswa perlu belajar bagaimana membuat catatan yang efektif saat membaca buku teks. Ini membantu mereka mengorganisir informasi yang mereka peroleh dan memudahkan mereka dalam mempelajari kembali materi yang telah mereka baca. ⑤ Keterampilan Mengembangkan Imajinasi: Keterampilan mengembangkan imajinasi melibatkan kemampuan siswa untuk membayangkan dan memvisualisasikan apa yang mereka baca. Ini membantu mereka terlibat secara aktif dalam proses membaca dan meningkatkan pemahaman mereka tentang teks. Kesimpulan: Keterampilan membaca dan bertanya adalah keterampilan penting yang harus dikembangkan oleh siswa. Dengan menguasai keterampilan ini, siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang materi yang mereka baca dan menjadi pembelajar yang lebih efektif.