Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran STAD

4
(275 votes)

Model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada pencapaian tim siswa. Dalam model ini, siswa bekerja dalam tim atau kelompok kecil dan bertanggung jawab secara individu untuk menjawab kuis-kuis yang diberikan oleh guru. Setiap siswa mengumpulkan poin dalam kelompoknya, di mana kelompok dengan poin tertinggi akan mendapatkan penghargaan dari guru. Kelebihan dari model pembelajaran STAD adalah adanya rasa saling membantu antar anggota kelompok. Dalam kelompok yang terdiri dari siswa dengan kemampuan yang heterogen, siswa yang lebih mampu dapat membantu siswa yang kurang mampu dalam memahami materi. Hal ini dapat meningkatkan pemahaman siswa secara keseluruhan dan memperkuat hubungan sosial antar siswa. Selain itu, model pembelajaran STAD juga mendorong partisipasi aktif dari setiap siswa. Dalam kelompok, setiap siswa memiliki tanggung jawab individu untuk menjawab kuis-kuis yang diberikan. Hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan berkontribusi dalam kelompok. Selain itu, adanya penghargaan kelompok juga dapat menjadi insentif bagi siswa untuk bekerja keras dan berkolaborasi dengan baik dalam tim. Namun, seperti halnya model pembelajaran lainnya, model STAD juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan utamanya adalah adanya perbedaan kemampuan siswa dalam kelompok. Jika tidak dikelola dengan baik, perbedaan ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam kontribusi anggota kelompok dan mempengaruhi hasil belajar siswa secara keseluruhan. Selain itu, model pembelajaran STAD juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan dan mengorganisir kelompok. Guru perlu memastikan bahwa setiap kelompok memiliki anggota dengan kemampuan yang heterogen dan memilih kuis-kuis yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Hal ini dapat memakan waktu dan energi guru dalam merencanakan pembelajaran. Dalam kesimpulan, model pembelajaran STAD memiliki kelebihan dalam meningkatkan rasa saling membantu antar siswa dan mendorong partisipasi aktif. Namun, perlu diperhatikan juga kelemahan dalam mengelola perbedaan kemampuan siswa dan persiapan yang memakan waktu. Dengan memahami kelebihan dan kelemahan ini, guru dapat memanfaatkan model pembelajaran STAD secara efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.